Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Desa

Malampun Satgas TMMD 104 Kodim 0824/Jember Ikut ke Pemakaman Ini Sebabnya.

Malampun Satgas TMMD 104 Kodim 0824/Jember Ikut ke Pemakaman Ini Sebabnya. Satgas TMMD 104/ Jember menghadiri pemakaman salah satu warga masyarakat yang meninggal dunia dilokasi sasaran TMMD, Rabu (13/3/19). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Kamis, 14 Maret 2019 - 11:58

TIMESINDONESIA, JEMBER – Rabu (13/3/2019) sore salah seoranag penduduk dusun Ajung Babi Desa Gunungmalang, Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember ada yang meninggal dunia, dan ternyata Satgas TMMD 104 Kodim 0824/Jember tidak menyia-nyiakan waktu itu untuk ikut bertakziah sekaligus melibatkan diri dalam proses pemakaman malam itu juga.

Komandan Kompi Datgas TMMD Kapten (Inf) Suwarno menegaskan malam itu, bahwa TNI adalah bagian dari rakyat, sehingga meskipun ada tugas yang menuntut pengerjaan lebih membutuhkan perhatian, tetapi manakala ada kegiatan kemasyarakatan, maka TNI juga wajib ikut ambil bagian, berperan apalagi untuk urusan duka seperti ini.

TMMD-pemakaman-salah-satu2.jpg

"Jadi tidak hanya berkonsentrasi untuk urusan pembangunan fisik saja, namun perhatian sosial juga memang harus selalu diperhatikan. Itu adalah bagian dari misi TMMD 104 Kodim 0824/Jember ini,' kata Suwarno.

Kamis sore , sekitar pukul 16.00, Usman Mulah (72) warga dusun Ajung Babi Desa Gunungmalang, Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember meninggal dunia karena sakit. Padahal desanya sedang menggeliat karena menjadi sasaran pembangunan.

Karena mengetahui ada warga disitu yang meninggal dunia, masih dengan mengenakan seragam dorengnya, seluruh pekerjan fisik ditinggalkan oleh para anggota Satgas itu. Mereka langsung berbaur dengan warga lain ke rumah Usman Mulah untuk bertakziah. Bahkan beberapa diantaranya ikut mengurusi keperluan yang dibutuhkan dan ikut mengantar sampai ke pemakaman malam itu juga.  

Malam harinya para anggota Satgas itu juga membaur bersama warga lainnya di acara tahlilan di rumah duka. 

Suwarno mengatakan, TNI yang terlibat di dalam progrm TMMD 104 Kodim 0824/Jember di wilayah Kabupaten Jember ini juga berasal dari rakyat, dan suatu saat akan kembali ke tengah-tengah rakyat. "Meninggalnya mbah Usman Mulah adalah cerminan dari diri kita semua, bahwa suatu saat nanti kita juga akan mengakhiri umur kita. Sebagai manusia yang beriman, tentu doa kita semua juga dibutuhkan untuk mengantarnya menghadap Yang Maha Esa. Jadi tidak tidak hanya berkutat di dalam soal duniawi saja. Kita harus berimbang," kata Suwarno. (*)

Jurnalis : Moh. Ridwan Sutarjo (CR-149)
Editor : AJP-9 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration