Peristiwa Daerah

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Gubernur NTB Teken MoU dengan Air Asia

Kamis, 14 Maret 2019 - 21:37 | 46.72k
Gubernur NTB Zulkieflimansyah (kiri) saat menandatangani MoU  dengan PT Indonesia AirAsia, di Kantor Air Asia di Jalan Marsekal Suryadharma no. 1 Selapajang, Neglasari, Kota Tangerang Banten, Kamis (14/03/2019).(FOTO: Humas Pemprov NTB)
Gubernur NTB Zulkieflimansyah (kiri) saat menandatangani MoU dengan PT Indonesia AirAsia, di Kantor Air Asia di Jalan Marsekal Suryadharma no. 1 Selapajang, Neglasari, Kota Tangerang Banten, Kamis (14/03/2019).(FOTO: Humas Pemprov NTB)

TIMESINDONESIA, TANGERANGGubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan maskapai penerbangan Air Asia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan peningkatan kunjungan wisatawan ke Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Pascapenandatanganan MoU, Air Asia akan menambah rute penerbangan langsung (direct flight) Perth (Australia) – Lombok dengan menempatkan dua pesawat di Bandara Internasional Lombok dan menambah frekuensi penerbangan Kuala Lumpur – Lombok menjadi lebih dari dua kali sehari.

Gubernur Zulkieflimansyah menyatakan bahwa penandatanganan nota kesepakatan bersama itu adalah tindak lanjut kongkret dari dua pertemuan antara Pemprov NTB dengan PT Indonesia AirAsia sebelumnya.

Menurut Gubernur, kerjasama dalam memperbanyak rute penerbangan domestik dan internasional, terutama direct flight, dengan AirAsia akan sangat membantu dalam meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan asing ke Lombok dan Sumbawa. 

“Ini ikhtiar cepat dan akselerasi untuk membangkitkan dan menggairahkan kembali perekonomian NTB pasca bencana gempa dari sektor pariwisata,” kata Zulkieflimansyah, kepada TIMES Indonesia, Kamis (14/3/2019).

Gubernur Zulkieflimansyah menyampaikan bukti bahwa kerja sama itu kongkret dan cepat, yakni dengan  tiket penerbangan dari Perth ke Lombok sudah bisa dipesan mulai Kamis 14 Maret 2019. 

“Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya armada maskapai, rute dan frekuensi penerbangan, akan menurunkan harga tiket dan ujung-ujungnya bakal semakin banyak wisatawan nusantara dan mancanegara yang kembali berkunjung ke NTB,” imbuh Gubernur Zul.

Sementara, Dirut PT Indonesia Air Asia, Dendy Kurniawan mengaku bangga dengan adanya MoU ini. Menurutnya, acara MoU tersebut merupakan sejarah baru bagi Air Asia Indonesia, karena untuk  pertama kalinya seorang gubernur datang dan menandatangani kerja sama bidang penerbangan. 

“Kami sepakat untuk mendukung kebangkitan perekonomian NTB pascabencana gempa bumi lalu, melalui sektor pariwisata dan tentunya kapasitas kami sebagai sebuah maskapai penerbangan dalam penyelenggaraan penerbangan ke NTB,” kata Dendy.

Dendy juga menekankan dalam waktu dekat akan menempatkan dua pesawat Air Asia di Lombok untuk melayani rute baru direct flight Perth – Lombok dan penambahan frekuensi baru Kuala Lumpur – Lombok. Selanjutnya juga akan membuka rute baru Yogyakarta dan Bali pada pertengahan tahun ini.

Dalam penandatanganan nota kesepakatan bersama dengan Air Asia tersebut, Gubernur NTB didampingi Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu M. Faozal dan ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB Anita Ahmad dan sejumlah pengurus lain.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES