Minggu, 24 Maret 2019
Peristiwa - Daerah

JCH Kota Batu Jalani Pemeriksaan Fisik dan Kebugaran

JCH Kota Batu Jalani Pemeriksaan Fisik dan Kebugaran Para JCH mengikuti tes fisik dan kebugaran menggunaakan metode Rockport. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Kamis, 14 Maret 2019 - 21:06

TIMESINDONESIA, BATUJCH Kota Batu (Jemaah Calon Haji) 2019 – 2020 Kamis (14/3/2019) menjalani pemeriksaan fisik dan pengukuran kebugaran di Puskesmas Sisir, Jl Sutan Hasan Halim.

Sekitar 69 JCH dari 71 JCH mengikuti pemeriksaan fisik ini dengan sangat antusias. Pemeriksaan fisik yang dilakukan didepan tim medis dan dokter Puskesmas Sisir dilakukan dengan cara melakukan test rockport.

Sebelumnya tim medis memeriksa kesehatan masing-masing JCH kemudian membagi kategori JCH dengan kondisi fisik yang bagus atau JCH dengan kondisi fisik yang kurang bagus.

CJH-kota-Batu.jpg

“JCH yang kondisi fisiknya bagus, kita minta untuk lari sejauh 1 mil atau kurang lebih 1,6 kilometer. Kalau kondisi fisiknya tidak bagus, kita mengukurnya dengan meminta berjalan kaki selama 6 menit, kita ukur kemampuannya berapa jarak yang bisa ditempuh yang bersangkutan,” kata Kepala Puskesmas Sisir, dr Yongki Orris.

Menurutnya tes Rockport ini salah satu metode yang dipakai untuk menilai kesanggupan kardiovaskuler saat beraktivitas fisik dengan mengestimasi kapasitas aerobik.  Tes ini hanya untuk mengukur fisik dan kebugaran namun tidak mempengaruhi keberangkatan JCH.

“Ada grafik kesehatan yang didapat, kita punya waktu tiga bulanan untuk meningkatkan tingkat kebugaran mereka sebelum berangkat. JCH yang kondisi fisiknya sudah baik, akan kita tingkatkan, yang belum kita akan tingkatkan menjadi bagus,” ujar Yongki.

Dari 71 JCH di wilayah Kecamatan SIsir, beberapa JCH memang berhalangan karena berbagai sebab, ada yang tidak hadir karena sakit atau karena sebab lainnya. Mereka yang berhalangan hadir bisa ikut serta di puskesmas lain yang ada di Kota Batu.

CJH-kota-Batu-a.jpg

Menurut Yongki, kegiatan ini adalah kegiatan Kementerian Kesehatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Batu. Tidak semua kota melaksanakan kegiatan ini, namun Kota Batu sudah melaksanakannya sejak tahun 2014.

Dalam kesempatan itu, Yongki mengajak seluruh JCH untuk menggunakan waktu yang tersisa untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

“Jaga Pola makan dan menjaga membatasi asupan gula, garam dan makanan berlemak. Pola tidur pun harus dijaga, tidak boleh begadang dan lakukan olah raga sesuai dengan tingkat usia,” tuturnya pada JCH Kota Batu. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration