Politik

KPU Kabupaten Malang Mulai Distribusikan Surat Suara Pemilu 2019

KPU Kabupaten Malang Mulai Distribusikan Surat Suara Pemilu 2019 Proses distribusi surat suara yang dikawal petugas kepolisian. (FOTO: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Kamis, 14 Maret 2019 - 17:38

TIMESINDONESIA, MALANG – Surat Suara Pemilu 2019 yang sudah selesai dilakukan penyortiran, oleh KPU Kabupaten Malang, mulai didistribusikan ke tingkat kecamatan, mulai Kamis (14/3/2019).

"Ada enam kecamatan saat ini yang dilakukan pendistribusian surat suara. Karena penyortiran dibenamkan kecamatan itu sudah selesai," ujar Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko kepada TIMES Indonesia.

Dia menyebutkan enam kecamatan itu yakni Pujon, Donomulyo, Kalipare, Kasembon Tirtoyudo dan ngantang.

"Saat proses pendistribusiannya diawasi secara langsung oleh pihak kepolisian dan Bawaslu," tegasnya.

Menurutnya, baru enam kecamatan yang telah selesai dilakukan penyortiran.

"Sistemnya, setelah penyortir selesai dilakukan, maka akan langsung kami didistribusikan ke kecamatan," terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, hingga saat ini ada sebanyak 114 surat suara yang rusak. "Setelah penyortiran selesai, maka kami akan membuat berita acara untuk meminta ganti terhadap surat suara yang rusak," terangnya.

Menurutnya, KPU Kabupaten Malang akan terus berupaya melakukan percepatan penyortiran serta pelipatan surat suara.

Dengan demikian kata dia, pendistribusian dipercepat, mengingat waktu Pemilu semakin dekat.

"Bisa dilihat petugas yang melakukan penyortiran dan sekaligus pelipatan surat suara sangat fokus menjalankan tugasnya. Karena surat suara yang dilipat sangat banyak," terangnya.

Menurutnya, surat suara yang dilakukan penyortiran dan pelipatan ini merupakan surat suara DPRD Kabupaten Malang, DPRD Provinsi Jawa Timur, DPR RI dan DPD.

"Setelah ini semuanya selesai, maka akan dilanjutkan penyortiran dan pelipatan surat suara Calon Presiden serta Calon Wakil Presiden RI, untuk Pemilu 2019," kata Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration