Gaya Hidup

Lima Langkah Mudah Perawatan Kulit Sensitif

Kamis, 14 Maret 2019 - 04:44 | 46.69k
Ilustrasi - Tips perawatn kulit sensitif (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi - Tips perawatn kulit sensitif (Foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKulit sensitif ditandai dengan seringnya muncul gejala kemerahan, gatal, rasa panas dan terbakar, serta kulit terasa kering. Meskipun kulit sensitif tampak sulit untuk dirawat, bukan berarti Anda tidak bisa menanganinya. Berikut adalah beberapa tips perawatan kulit bagi Anda pemilik kulit sensitif.

1. Jangan biarkan kulit kering

Kekeringan adalah musuh utama kulit sensitif. Karena itu, rajinlah dalam mengoleskan pelembab. Pelembap yang murni, yakni tanpa parfum dan bahan pengawet, adalah pilihan yang paling baik untuk Anda. Bila dibutuhkan, ulangi penggunaannya beberapa kali dalam sehari.

2. Hindari cuci muka dengan air hangat

Pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari proses mencuci muka dengan air hangat. Penggunaan air hangat cenderung menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Ingatlah, kekeringan akan semakin meningkatkan gejala kulit sensitif.

3. Pilih sabun wajah dengan tepat

Sabun wajah yang dipilih sebaiknya memiliki pH normal kulit, yaitu sekitar 5,5. Durasi mencuci wajah pun jangan terlalu lama. Selanjutnya, usaplah kulit wajah dengan perlahan dan lembut. Pembersihan wajah dengan scrub juga sebaiknya dihindari karena dapat mengiritasi kulit sensitif.

4. Hindari sinar ultraviolet

Hindari paparan sinar ultraviolet berlebihan. Gunakan krim tabir surya (krim yang mengandung SPF/Sun Protection Factor) secara teratur.

5. Cukupi kebutuhan air putih

Perbanyak konsumsi air putih serta rutin makan buah dan sayuran yang mengandung vitamin yang berguna untuk kesehatan kulit, seperti vitamin A, C dan E.

Itulah lima perawatan kulit yang bisa dilakukan jika Anda memiliki kulit sensitif. Lakukan perawatan tersebut dengan rutin. Jika perawatan ini bisa dilakukan dengan baik, semua gejala gangguan pada kulit sensitif yang mengganggu bisa Anda hindari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES