Gaya Hidup

Lima Langkah Tepat Mencegah Bibir Kering

Selasa, 12 Maret 2019 - 01:24 | 65.16k
Ilustrasi - Tips mengatasi bibir kering (Foto: Thinkstock)
Ilustrasi - Tips mengatasi bibir kering (Foto: Thinkstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTABibir kering dan pecah-pecah bisa menganggu penampilan Anda. Cuaca dingin, paparan sinar matahari, angin, dehidrasi, hingga bernapas melalui mulut menjadi penyebab paling umum dan utama bibir kering. Nah, untuk mencegah masalah yang muncul pada bibir, berikut hal yang perlu Anda lakukan.

1. Hentikan kebiasaan menjilat bibir

Hentikan kebiasaan menjilat bibir yang sering Anda lakukan. Pasalnya air liur ternyata bisa menghilangkan minyak alami pada bibir. Oleh karena itu, kebiasaan membasahi bibir dengan menjilatnya membuat bibir kering dan pecah-pecah.

2. Rajin mengoleskan pelembap bibir

Untuk mencegah bibir pecah-pecah, Anda harus rajin mengoleskan pelembap bibir seperi minyak zaitun, petroleum jelly, atau lip balm. Apapun jenisnya, pastikan untuk mengoleskannya di pagi hari dan sebelum Anda beranjak tidur. Anda juga bisa memakainya kapan pun saat bibir mulai terasa kering.

3. Rutin mengeksfoliasi kulit bibir

Eksfoliasi menjadi salah satu proses penting untuk mencegah bibir pecah-pecah. Anda bisa mengeksfoliasi bibir setelah menyikat gigi. Sikatlah bibir menggunakan sikat gigi dengan lembut saat mandi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan eksfoliasi menggunakan butiran gula yang dicampur dengan madu atau minyak zaitun.

4. Banyak minum air putih

Dehidrasi menjadi salah satu pemicu kekeringan pada bibir dan juga kulit. Oleh karena itu, Anda perlu minum cukup air untuk membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, bibir tetap terlihat sehat dan segar tanpa adanya bagian yang kering dan pecah-pecah.

5. Bernapas melalui hidung, bukan mulut

Bernapas melalui mulut bisa membuat bibir kering akibat udara yang terus-terusan diembuskan setiap waktu. Untuk itu, usahakan untuk menghirup dan mengembuskan napas melalui hidung agar bibir Anda terhindar dari kekeringan yang membuatnya permukaan bibir pecah-pecah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES