Gaya Hidup

Tips Ampuh Mencegah Tanda Penuaan Dini di Sekitar Mata

Senin, 11 Maret 2019 - 02:26 | 287.90k
Penuaan dini di sekitar mata. (Hello Sehat)
Penuaan dini di sekitar mata. (Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lingkaran hitam, garis-garis halus, dan kantong mata menjadi masalah mata yang paling sering dikeluhkan. Kerutan di sekitar mata ini sering dianggap sebagai tanda penuaan dini. Namun, tak ada kata terlambat untuk mulai merawatnya.

Berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit sekitar mata.

1. Jaga kelembapannya

Melembapkan kulit di sekitar mata membantu mencegah kerutan dan garis-garis halus. Anda bisa menggunakan pelembap wajah ringan di sekitar mata selama tidak ada reaksi negatif dan memang dianjurkan dalam kemasannya.

2. Tepuk dengan lembut

Saat bersentuhan dengan kulit di sekitar mata usahakan untuk melakukannya dengan lembut. Ini karena kulit di bawah mata sangat tipis dan mudah berkerut jika mendapatkan tekanan esktra. Oleh karena itu, pastikan untuk menyentuhnya dengan lembut.

3. Lindungi dengan tabir surya

Jangan hanya wajah dan badan saja yang dioleskan tabir surya, area bawah mata juga memerlukannya. Paparan sinar matahari berlebih bisa membuat kulit bawah mata menjadi lebih gelap. Jika tak menggunakan tabir surya di area kulit bawah mata, jangan heran kalau mata panda Anda semakin menjadi-jadi.

4. Memijat area bawah mata

Untuk menjaga sirkulasi di sekitar mata tetap lancar cobalah untuk memijatnya secara perlahan. Hal ini bisa Anda lakukan baik saat menggunakan krim mata atau ketika mencuci muka saat mandi. Pijatan biasanya membantu mengurangi kelebihan cairan yang menumpuk dan menjadi salah satu penyebab mata bengkak. Ketika cairan yang menumpuk menghilang, mata Anda akan kembali terlihat segar.

5. Kompres dengan kantong teh

Jangan buang kantong teh celup bekas pakai Anda. Pasalnya, benda yang Anda anggap sampah ini ternyata bisa membantu merawat kulit di sekitar mata. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang bisa membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi tumpukan cairan di bawah kulit.

6. Tidur cukup

Tidur yang cukup setiap hari membantu menjaga tampilan mata Anda dari kemunculan garis-garis hitam. Pasalnya, kurang tidur bisa membuat kulit terlihat lebih pucat dan membuat garis hitam semakin terlihat. Oleh karena itu, pastikan Anda tidur tujuh sampai delapan jam setiap harinya.

7. Makan makanan sehat

Selain tidur cukup, Anda juga perlu menjaga kesehatan kulit bawah mata dari dalam dengan makan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Berbagai nutrisi ini membantu menjaga kulit tetap sehat, mencegah kerutan di sekitar mata, dan terhindar dari penuaan dini dengan membantu pembentukan sel-sel baru pada kulit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES