Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Nasional

BBPP Batu ikut serta Lokakarya yang Digelar Kemenlu RI

BBPP Batu ikut serta Lokakarya yang Digelar Kemenlu RI Lokakarya Pemutakhiran Peta Prioritas Bantuan Internasional Indonesia TA 2019, Jakarta (8/3/2019). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 Maret 2019 - 10:41

TIMESINDONESIA, JAKARTABBPP Batu mengikuti lokakarya 'Pemutakhiran Peta Prioritas Bantuan Internasional Indonesia Tahun Anggaran 2020', di Sasono Mulyo Room, Hotel Le Meridien, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Lokakarya ini digelar Kementerian Luar Negeri RI melalui  Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Ditjen IDP), Direktorat Kerja Sama Teknik (Dit.KST). 

Direktur Kerja Sama Teknik, Mohammad Syarif Alatas menyampaikan kata sambutannya bahwa tujuan dari lokakarya ini adalah untuk mensosialisasikan peta prioritas negara penerima bantuan internasional Indonesia yang perlu diutamakan dalam penyusunan rencana kerja tematik Kerja Sama Selatan-Selatan (KSS)/kerja sama pembangunan global pada Tahun Anggaran 2020.

Selain itu lokakarya ini juga untuk melakukan evaluasi sekaligus memperoleh tanggapan/masukan atas metode penuyusunan peta prioritas bantuan internasional Indonesia.

Peserta lokakarya merupakan undangan dari berbagai pemangku kepentingan terkait, baik dari instansi pemerintah maupun swasta.

Lokakarya tersebut untuk mengoptimalkan manfaat pemberi bantuan teknik bagi kepentingan Indonesia yang diperlukan strategi untuk memetakan negara-negara prioritas penerima Bantuan Internasional Indonesia.  

“Harapannya dengan adanya peta prioritas ini, para pemangku kepentingan sebagai penyelenggara Kerja Sama Selatan-Selatan (KSS) akan memiliki pemahaman yang sama atas prioritas negara yang akan diberikan bantuan,” terang Mohammad Syarif Alatas.

Sementera itu, Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu sebagai salah satu peserta perwakilan dari Kementerian Pertanian yang dihadiri oleh Kepala Bagian Umum, M. Abdul Aziz menginformasikan bahwa pada Tahun 2018, BBPP Batu bekerja sama dengan Kemenlu, NAM CSSTC telah melaksanakan Pelatihan Produk Peternakan bagi 13 Negara Afrika. 

Abdul Azis juga menyampaikan pada Tahun 2019 BBPP Batu akan menggelar Pelatihan Internasional Pengolahan Hasil Ternak Daging Sapi bagi Masyarakat Wilayah Perbatasan Indonesia - Timor Leste pada 10-15 Maret 2019. Pelatihan ini dalam kerangka perdamaian melalui pengembangan ekonomi local, United Nations Indonesia’s South-South  and Triangular Cooperation. (*)

Jurnalis : M. Abdul Aziz
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration