Kuliner

Suka Menjes, Begini Cara Panglima TNI Menikmatinya

Suka Menjes, Begini Cara Panglima TNI Menikmatinya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kota Malang, Minggu (3/3/2019). (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Minggu, 03 Maret 2019 - 15:51

TIMESINDONESIA, MALANGPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali mengunjungi Kota Malang, Minggu (3/3/2019). Di sela-sela kepulangannya ke Malang, Hadi mengungkapkan kesenangan menikmati menjes di saat hujan tiba.

"Kalau hujan-hujan begini, menjes juga enak. Iya kan? Sangat cocok sekali," ungkap Hadi yang mengundang kembali gelak tawa, di tengah silaturahmi dengan Aremania dan tokoh masyarakat Malang.

TIMES-Indonesia-Marsekal-Hadi-Tjahjanto-2.jpg

Kondisi hujan siang itu, mengingatkan Panglima TNI tentang makanan menjes, nama jenis tempe di wilayah Malang. Hadi juga menunjukkan bagaimana cara menikmati menjes yang nikmat. Menurut dia, ada cara-cara tertentu dalam mengonsumsi penganan khas Malang itu.

"Jadi kalau makan menjes itu begini, kan panas-panas pasti disajikannya. Celupkan pada petis, gigit untuk dimakan, jangan lupa lomboknya," katanya.

"Tahan, jangan mendongak dulu, kira-kira sudah agak lama, baru mendongak. Lah saat itulah akan melihat surga," ucap Hadi yang kembali mengundang tawa dan tepuk tangan undangan.

"Coba saja, karena saya sudah berulangkali menikmatinya. Jadi bisa melihat surga, kalau cara makannya menjes begitu. Apalagi dipadu dengan kopi, uhhhh nikmatnya," sambung Hadi. 

Cerita Hadi ini pun mengundang gelak tawa di tengah hujan yang mengguyur Balai Kota Malang. 

Selain menjes, Hadi juga mengaku senang dengan mendol. Mendol adalah makanan khas warga Malang. Mendol ini merupakan lauk yang berbahan baku dari tempe. Mendol biasa disajikan sebagai pelengkap menu makanan. Untuk menjadi mendol, bahan yang disiapkan harus digoreng terlebih dahulu.

TIMES-Indonesia-Marsekal-Hadi-Tjahjanto-5.jpg

"Orang Malang pasti suka mendol, ada yang tahu mendol? Tentunya semua pasti tahu," katanya.

Menurut Hadi, mendol menjadi ciri khas Malang. Jika tidak mengenalnya, maka Hadi meragukan bahwa orang itu berasal dari tanah kelahirannya. 

"Kalau Arema pasti tahu mendol, kalau ditanya gak tahu. Wah ini pasti hanya warga kehormatan," kata Hadi.

Pada kesempatan itu, Panglima TNI asal Kota Malang ini mengaku bangga menjadi bagian dari Arema. Selama berkarir di militer, Hadi turut membawa jiwa dan semangat sebagai Arema, yang mempunyai 4 sifat yakni ksatria, militan, loyal, dan profesional. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration