Gaya Hidup

Rentan Risiko, Ini Tips Hamil di Atas Usia 35 Tahun

Rentan Risiko, Ini Tips Hamil di Atas Usia 35 Tahun ILUSTRASI - Hamil. (FOTO: hellosehat.com)
Minggu, 03 Maret 2019 - 05:43

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hamil di atas usia 35 tahun memiliki risiko lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan kehamilan dengan tepat agar tidak terjadi risiko besar pada kehamilan Anda. Lantas, apa saja tips bagi wanita yang hamil di atas 35 tahun? Berikut tips hamil yang bisa dilakukan.

1. Berdiskusi dengan dokter kandungan

Anda perlu berdiskusi dengan dokter kandungan sejak merencanakan kehamilan. Jelaskan riwayat kesehatan Anda secara terperinci kepada dokter dan diskusikan hal-hal yang bisa diperbaiki agar peluang hamil lebih baik.

2. Miliki pola makan yang sehat

Sebelum dan selama hamil, Anda perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat agar tubuh siap untuk menunjang tumbuh kembang janin. Utamakan konsumsi makanan sumber asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin D yang banyak dibutuhkan saat hamil.

3. Konsumsi suplemen

Mulailah mengonsumsi suplemen kehamilan sejak 3 bulan sebelum mulai hamil. Secara spesifik, Anda perlu mengonsumsi suplemen asam folat sebanyak 400–600 mcg per hari.

4. Jaga berat badan

Bila berat badan sebelum hamil cenderung berlebih, maka risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan keracunan pada kehamilan akan sangat meningkat. Jaga peningkatan berat badan saat hamil, tidak kurang tidak lebih. Jumlah peningkatan berat badan yang diperbolehkan tergantung dengan status gizi Anda sebelum hamil.

5. Lakukan aktivitas fisik secara rutin

Aktivitas fisik dapat mengurangi rasa tidak nyaman saat hamil, serta membuat Anda tetap berenergi dan sehat. Tanyakan pada dokter mengenai jenis olahraga yang aman untuk dilakukan saat hamil, khususnya bila Anda memilik kondisi medis tertentu.

6. Batasi konsumsi kafein

Batasi konsumsi kafein hanya 200 mg per hari atau setara dengan 1 cangkir kopi berukuran 350 mL. Sedangkan konsumsi alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang harus sama sekali dihindari.

Merencanakan kehamilan adalah hal penting, baik untuk usia di bawah 35 tahun maupun di atasnya. Langkah ini bisa meminimalkan risiko kehamilan yang mungkin terjadi. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration