Kuliner

KKN Bina Desa UNIPMA Kembangkan Ekowisata Kopi di Desa Kare

Jumat, 01 Maret 2019 - 06:55 | 142.69k
Produk Kopi Mitra KKN UNIPMA di Desa Kare (FOTO: M Taufik/AJP TIMES Indonesia)
Produk Kopi Mitra KKN UNIPMA di Desa Kare (FOTO: M Taufik/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Mahasiswa Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa/Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun menjalankan dua program unggulan. Yakni pengelolaan dan pemasaran produk kopi di Desa Kare bersama kelompok tani “Mugi Lestari”.

Menurut Galih Chandra, ketua kelompok KKN Bina Desa Kare, program itu untuk mengembangkan potensi lokal untuk mendorong perekonomian warga.

"Pengelolaan berupa pembuatan kopi sachet ukuran 12 gram, yang awalnya hanya ada kemasan ukuran 100 gram. Kemasan sachet lebih mudah, praktis, dan diterima oleh konsumen. Selanjutnya kegiatan pemasaran dengan melakukan promosi penjualan kopi Kare di Car Free Day (CFD) di Jalan Pahlawan, Kota Madiun setiap hari Minggu dan dengan gencar mempromosikan di sosial media," katanya.

Semakin majunya teknologi membuat persaingan perekonomian semakin sengit karena didominasi produk  dari perusahaan besar dengan merk ternama. Hal tersebut menyebabkan produk usaha kecil kurang laku di pasaran. Padahal produk-produk usaha kecil sendiri tidak kalah kualitasnya. Untuk itu kegiatan ini diharapakan mampu membantu di Desa Kare dapat bersaing.

Program unggulan kedua, KKN Bina Desa UNIPMA berinisiatif membuat  “Ekowisata Kopi". Hal tersebut diusulkan melalui musyawarah desa antara mahasiswa KKN bersama dengan perkumpulan “Giri Wilis” selaku pengelola lahan perkebunan kopi di Desa Kare. Pembentukan ekowisata bertujuan untuk konservasi, edukasi, dan peningkatan ekonomi masyarakat. Pada program ini difokuskan di potensi lokal air terjun “Tambak Lare” Dukuh Plosorejo, Dusun Seweru, Desa Kare. Kegiatan pada program kedua ini antara lain adalah merenovasi gapura masuk area wisata, membuka kembali coffee shop, membangun dua spot foto dan yang terakhir adalah kegiatan pembukaan wisata pada hari Minggu, 24 Februari 2019. Dalam kegiatan pembukaan wisata tersebut hadir pula mahasiswa-mahasiswa asing dari Filipina yang sangat antusias mengikuti rangkaian acara.

Masyarakat Kare berharap program KKN Bina Desa ini dapat berlanjut. Joko, salah seorang perangkat desa mengatakan, tahun depan berharap ada kegiatan serupa. "Sangat meraskan dampak positifnya yang mampu memajukan wisata di Desa Kare,”katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES