Kesehatan

Tips Mudah Meredakan Batuk agar Tak Mengganggu Aktivitas

Tips Mudah Meredakan Batuk agar Tak Mengganggu Aktivitas Ilustrasi - Tips meredakan batuk (Foto: lensa)
Minggu, 24 Februari 2019 - 04:23

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Batuk bisa terjadi pada siapa saja. Batuk yang parah bisa saja mengganggu aktivitas Anda. Jika hal ini terjadi, segera atasi batuk sebelum bertambah parah. Bagaimana cara meredakan batuk yang efektif?

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meredakan batuk, dilansir dari Klik Dokter.

1. Air putih

Saat batuk menyerang, air putih adalah pilihan yang tepat untuk meredakannya. Supaya khasiatnya lebih efektif, air putih hangat adalah pilihan yang sangat baik. Hindari konsumsi air dingin ataupun yang memiliki warna, karena berpotensi membuat keluhan batuk menjadi semakin parah.

2. Madu

Madu merupakan produk lebah yang telah dibuktikan lewat penelitian dapat meredakan batuk. Anda dapat mengonsumsi satu sendok madu atau dicampur dengan secangkir teh hangat. Namun, madu sangat tidak disarankan untuk diberikan pada anak yang masih berusia di bawah satu tahun karena berisiko menyebabkan terjadinya keracunan makanan atau infant botulism.

3. Makanan sehat

Tahukah Anda bahwa kondisi perut yang kosong bisa meningkatkan risiko terjadinya batuk? Hal ini karena perut yang kosong membuat tubuh tidak dapat menyerap berbagai zat gizi yang dibutuhkan untuk membentuk antibodi. Maka dari itu, supaya gejala batuk yang Anda alami bisa dikendalikan atau dihilangkan, konsumsilah makanan sehat yang sebagian besar menunya terdiri dari buah atau sayur mengandung vitamin C.

4. Tablet hisap

Ada tablet atau permen yang dikhususkan untuk meredakan gejala batuk. ‘Obat-obatan’ seperti ini biasanya dijual bebas di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Jangan lupa untuk memperhatikan anjuran dosis dan indikasi, agar tidak mengalami hal-hal yang merugikan.

5. Obat batuk

Ini adalah cara paling baik untuk meredakan sekaligus mengatasi batuk. Namun, supaya memberikan hasil yang efektif, obat batuk yang Anda minum harus disesuaikan dengan jenis batuk yang dialami.

Untuk meredakan batuk berdahak, konsumsilah obat batuk berlabel ekspektoran. Sedangkan untuk batuk kering, obat batuk berlabel antitusif adalah pilihan yang tepat. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration