Kesehatan

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Ini Memicu Kulit Keriput

Minggu, 24 Februari 2019 - 02:29 | 109.03k
Ilustrasi - Terlalu lama didepan monitor dapat berbahaya bagi kulit kita (Foto: baca)
Ilustrasi - Terlalu lama didepan monitor dapat berbahaya bagi kulit kita (Foto: baca)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, kulit keriput susah untuk dihindari. Salah satu cara untk menyamarkan kulit keriput adalah dengan menggunakan make up. Namun sayangnya, meski sudah menggunakan produk tersebut jika kita masih melakukan kebiasaan yang bisa memicu keriput tentu perawatan kulit tersebut hanya sia-sia.

Lalu apa saja kebiasaan yang bisa menimbulkan keriput pada wajah? Berikut ulasannya dilansir dari Nova.

1. Cuci muka terlalu sering

Sangat baik untuk menjaga kulit wajah tetap bersih terutama jika memiliki kulit berminyak atau kombinasi yang rentan terhadap jerawat. Namun ahli kosmetologi tidak merekomendasikan menggunakan scrub lebih dari 2 kali per minggu.

Selain itu, kita tidak harus membersihkan wajah dengan lotion atau air tonik setiap hari. Hal-hal ini bisa menganggu kesehatan kulit dan mengeringkannya secara berlebihan. Sehingga kerutan akan mudah muncul.

2. Merokok

Nikotin dan tar dalam rokok bisa mengeringkan kulit. Kebiasaan merokok bisa memicu keriput dan penuaan dini. Jadi sebaiknya hindari kebiasaan ini untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda.

Edisi-Selasa-14-Januari-2020-keriput.jpg

3. Makeup berlebihan

Memakai makeup yang tebal atau berlebihan sepanjang hari akan membuat kulit sulit bernafas.

Ahli kosmetologi merekomendasikan untuk mengoleskan krim, foundation, dan bedak ringan untuk makeup di siang hari. Jangan lupa untuk mengaplikasikan kosmetik dengan benar agar keriput tak mudah muncul.

4. Menatap layar monitor terlalu lama

Seringkali kita menghabiskan banyak waktu di depan ponsel dan layar monitor. Padahal kebiasaan ini bisa berbahaya bagi kulit kita.

Leher adalah bagian tubuh pertama di mana kita akan melihat kerusakan karena kerutan di perbatasan leher dan dagu mulai muncul.

5. Tidak memakai krim SPF

Sinar matahari dapat menyebabkan penuaan kulit dini. Jadi jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan.

Sinar matahari yang menembus kaca juga sangat berbahaya. Terapkan tabir surya yang mengandung vitamin C pada wajah, lengan, dan leher sebelum melakukan perjalanan.

Itulah kebiasaan yang sering diabaikan sehingga dapat memicu kulit keriput. Agar Anda terhindar dari kulit keriput, selain melakukan perawatan kulit yang tepat Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat dan menjalankan pola hidup sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES