Peristiwa Nasional

Maman Immanulhaq Hadiri Festival Pesona Bauran Cap Lak 2019

Sabtu, 23 Februari 2019 - 20:42 | 59.60k
Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masawita) KH. Maman Imanulhaq (FOTO: Humas Masawita)
Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masawita) KH. Maman Imanulhaq (FOTO: Humas Masawita)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masawita) Maman Imanulhaq, menghadiri Festival Pesona Bauran Cap Go Lak 2019 di Lapangan Manisi Kampung Jati Pasir Biru, Cibiru, Kota Bandung, Sabtu (23/2/2019).

Festival itu merupakan hasil kolaborasi seni tradisi Sunda dengan budaya Tionghoa, yang kegiatannya diawali dengan bersih-bersih desa, pembacaan Quran dan rajah ruwatan serta bersepeda keliling kampung dengan tema, 'Nyapedah Manjangkeun Baraya'.

Dalam kesempatan tersebut Maman oleh panitia acara dipersilakan berorasi di atas panggung, yang dinamakan panggung Kuda Renggong. Maman, mengapresiasi Even yang digagas oleh Komunitas seni Reak besutan Abah Enjum Cibiru tersebut, karena sudah didukung penuh kementerian Pariwisata RI dan berlangsung meriah.

Menurut Maman, mereka harus diapresiasi, karena mereka telah menunjukkan kecintaannya terhadap budaya Indonesia dan menampilkan wujud toleransi budaya yang penuh kegembiraan, kerukunan, keharmonisan dan kebersamaan masyarakat.

“Jiwa toleransi dan ragam event budaya serta tradisi di Indonesia harus terus dilestarikan dan dikemas dalam tampilan yang kreatif, inovatif dan profesional. Saya yakin Indonesia akan jadi panggung toleransi dunia,” kata Maman.

Acara festival itu berlangsung dengan meriah, puncaknya adalah atraksi dari beberapa kesenian khas Jawa Barat dari mulai Reak, Badawang, Sisingaan, Kuda Renggong, Kemprung jaipong dan pencak silat yang dibaurkan dengan seni Rajawali, Barongsai, serta liong.

Perwakilan dari Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran 1, Kemenpar RI, Rizky Handayani Mustafa, juga mengapresiasi hasil kolaborasi budaya itu, yang terlihat sangat menghibur.

"Nuansa yang menawan, menghibur dan menambah nilai ekonomi masyarakat. Ini terbukti dengan kehadiran ribuan pengunjung dan ratusan pedagang lokal yang menjual aksesoris budaya dan kuliner lokal, kita harus bersyukur punya budaya seperti ini," tutur Rizky.

Selain Maman dan Rizky, turut Hadir dalam acara Festival Pesona Bauran Cap Go Lak 2019 tersebut Kabid Pemasaran 1 Kemenpar RI Wawan Gunawan atau Dalang Ajen, Budpar  Provinsi Jabar, Camat Cibiru, tokoh Masyarakat, Sanggar dan pondok pesantren se-Bandung Raya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES