Olahraga

Pengurus ABTI Kota Malang Dikukuhkan di IKIP Budi Utomo

Sabtu, 23 Februari 2019 - 15:40 | 206.84k
Pengurus ABTI Kota Malang yang dikukuhkan di Aula IKIP Budi Utomo Malang langsung mengikuti pelatihan oleh Kushariyanto asistes pelatih Bola Tangan Indonesia dari Kores pada SEA Games lalu. (FOTO:widodo irianto/TIMES Indonesia)
Pengurus ABTI Kota Malang yang dikukuhkan di Aula IKIP Budi Utomo Malang langsung mengikuti pelatihan oleh Kushariyanto asistes pelatih Bola Tangan Indonesia dari Kores pada SEA Games lalu. (FOTO:widodo irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pengurus ABTI (Assosiasi Bola Tangan Indonesia) Kota Malang, Sabtu (23/2/2019) dikukuhkan oleh Ketua Umum Pengprov ABTI Jatim, Prof I Made Sriundy Mahardika di Aula Kantor Pusat IBU (IKIP Budi Utomo) Malang.

Pengukuhan itu dihadiri oleh Rektor IBU,  Dr H Nurcholis Sunuyeko serta perwakilan KONI Kota Malang. Pengurus ABTI Malang ini diketuai Hari Pamungkas, dosen PJKR IKIP Budi Utomo, dan hampir semua pengurus ABTI Kota Malang ini adalah dekan dan dosen IKIP Budi Utomo. Karena itu markas ABTI Kota Malang berada di IBU.

pelatih-Bola-Tangan2.jpg

Usai pengukuhan, para pengurus ABTI Kota Malang itu langsung mengikuti pelatihan sebagai pelatih maupun wasit di lapangan bola basket Jl Bromo dengan instruktur Kushariyanto, asisten pelatih Bola Tangan Kontingen Indonesia pada SEA Games baru lalu.

Nurcholis Sunuyeko mengakui, bahwa IKIP Budi Utomo lazim selalu membuat rintisan-rintisan atau memulai sesuatu. Karena itu ia yakin bila dimulai dari IBU, ABTI akan menjadi besar. "Tapi saya minta meski rintisan, prestasinya harus melebihi yang lain seperti bola volly, sepak bola dan yang lain. Meskipun kami perguruan tinggi swasta, bola volly kami juara dua tahun berturut-turut antar perguruan tinggi," paparnya.

pelatih-Bola-Tangan3.jpg

Karena bola tangan ini baru, namun Sunuyeko minta prestasinya nanti memalukan setidaknya di event Porprov. "Ini harus difasilitasi. Olahraga ini memiliki roh atau jiwa yang kuat yaitu sportivitas. Kalau anda pegang sportivitas,  maka kejujuran, setia kawan, tidak ada pilih kasih, demi kebaikan maka akan merambah kemana-mana karena anda sudah punya roh dan jiwa sportivitas," tambahnya.

Nurcholis juga menyebutkan, pengukuhan ABTI ini merupakan bibit yang harus disirami, ditumbuhkan dan kalau perlu dipupuk agar menjadi besar. "Sebab olahraga ini sesungguhnya olahraga yang sudah mendunia," katanya.

Sementara itu I Made Sriundy Mahardika secara khusus menyampaikan terimakasihnya kepada Rektor IBU beserta seluruh pendidik dan mahasiswanya yang telah meluangkan waktu sekaligus memberikan fasilitas untuk pembinaan Bola Tangan di Kota Malang.

ABTI Kota Malang ini dalam menguji kompetensi pelatih akan menangani hingga daerah-daerah Blitar, Tulungagung dan sekitarnya. "Ini langkah yang bagus dan tepat. Kalau menunggu dari negara tampaknya terlalu lama," kata I Made.

"Olahraga Bola Tangan ini olahraga baru tetapi sebenarnya lama. Lama tidur, dan dibangunkan saat SEA Games digelar beberapa waktu lalu itu. Hebatnya kebanyak atlet-atlet bola tangan berprestasi yang ditampilkan di SEA Games kebanyakan dari Jawa Timur," ujar Made.

Bola tangan Jawa Timur, lanjut Made diperhitungkan di tingkat Nasional. Ada dua atlet bola tangan Jatim yang memperkuat SEA Games beberapa waktu lalu kini menjadi seorang pelatih di Kota Malang. Mereka pelatih yang telah memperdalam kepelatihan di Korea.

"Karena itu kami berharap ilmunya segera dibagikan kepada para pengurus dan atlet bola tangan di Kota Malang agar segera di fahami. Ini penting mengingat saat ini jadwal kejuaraan bola tangan sedang antri dari beberapa daerah," katanya.

I Made juga mengingatkan kepada pengurus ABTI Kota Malang yang baru dikukuhkan itu untuk tidak menjadi alat kepentingan politik. Sebab, lanjut dia, sekarang banyak olahraga ditunggangi untuk kepentingan politik. "Mari kita kembali ke nilai-nilai olahraga yang sesungguhnya, yang menjunjung tinggi nilai sportivitas, " tegas Ketua Umum Pengprov ABTI Jatim ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES