Peristiwa Daerah

Stok Darah Menipis, PMI Kabupaten Malang Gencar Gelar Donor Darah

Sabtu, 23 Februari 2019 - 14:48 | 71.40k
Kegiatan donor darah yang dilakukan UTD PMI Kabupaten Malang di Balai Desa Ngebruk (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Kegiatan donor darah yang dilakukan UTD PMI Kabupaten Malang di Balai Desa Ngebruk (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – UTD PMI Kabupaten Malang gencar melakukan kegiatan donor darah, lantaran stok darah yang dimiliki kian menipis.

Seperti pada hari Sabtu (23/2/2019) UTD PMI kabupaten Malang menggelar donor darah di Balai Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung.

Masyarakat desa tersebut antusias mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan di desa ini.

“Saat ini stok darah yang menipis golongan AB tinggal 22 kantong dan golongan B 56 kantong,” ujar Petugas Donor Darah UTD PMI Kabupaten Malang, Risyad Jauhari kepada TIME Indonesia.

Dia menjelaskan, penyebab stok darah dua golongan tersebut menipis, lantaran permintaan sangat banyak.

“Kami harus melayani permintaan dari beberapa rumah sakit di Malang Raya, termasuk RSSA. Sedangkan mayoritas permintaan darah adalah golongan AB dan B,” urainya.

Permintaan dua golongan darah yang banyak itu kata dia, belum diimbangi dengan pemasukan yang banyak pula. Sehingga, menyebabkan golongan darah AB dan B terus menipis.

“Maka dari itu kami terus berupaya menggelar kegiatan donor darah. Hari ini saja setidaknya ada tiga temoat lain yang mengadakan donor darah,” tuturnya.

Menurutnya dalam menggelar kegiatan donor darah, pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak.

Seperti dalam kesempatan kali ini sambung dia, UTD PMI Kabupaten Malang bekerjasama dengan kader kesehatan yang ada di Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung dalam menjalankan aksi sosial donor darah.

“Tentunya kami berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi bersama UTD PMI Kabupaten Malang dalam menggelar kegiatan donor darah yang bertujuan untuk kemanusiaan,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES