Peristiwa Daerah

Yuk Ramaikan, Besok Festival Sastra Gresik akan Digelar

Sabtu, 23 Februari 2019 - 09:00 | 95.48k
Suasana persiapan Festival Sastra Gresik oleh sekelompok pemuda pegiat sastra yang tergabung dalam Ruang Sastra Gresik. (FOTO: Istimewa)
Suasana persiapan Festival Sastra Gresik oleh sekelompok pemuda pegiat sastra yang tergabung dalam Ruang Sastra Gresik. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, GRESIKFestival Sastra Gresik yang pertama akan segera digelar pada Minggu, (24/2/2019) besok di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kegiatan itu digelar oleh sekelompok pemuda pegiat sastra yang tergabung dalam Ruang Sastra Gresik.

Ketua Panitia Khusnul mengatakan, beberapa kegiatan akan digelar mulai besok pagi hingga malam. Kegiatan ini, tujuannya menjaring pegiat sastra yang ada di Kota Pudak.

Ruang sastra Gresik sendiri dikatakan Khusnul muncul ketika para pegiat sastra berkimpul di tahun 2017. Dan kini, ada puluhan anggota yang masuk dalam komunitas tersebut.

"Kegiatan besok ini adalah event sastra pertama di Gresik," katanya, Sabtu (23/2/2019).

Festifal-Sastra-Gresik.jpg

Khusnul menyatakan, beberapa rangkaian akan digelar untuk memanjakan pegiat sastra diantaranya adalah pameran karya sastra. Pemeran ini akan menampilkan berbagai karya sastra di ruang publik.

Khusnul menambahkan, acara ini juga akan menjaring penulis muda produktif. Ruang sastra Gresik juga mendatangkan seorang penulis Heti Palestina Yunani. Sesi ini, peserta akan diajak untuk menulis prosa.

"Dalam event ini kita juga akan melaunching sebuah buku karya anggota Ruang Sastra Gresik," tambahnya.

Setelah kelas menulis prosa, rangkaian acara selanjutnya adalah diskusi ringan tentang sastra bersama seorang penulis dari generasi baru sastra Indonesia, Seno Gumira Ajidarma.

"Kemudian kita menggelar pemutaran film berjudul senja untuk alina karya Dini Ardianti," ujarnya.

Di malam hari dan puncak acara, Festival Sastra Gresik juga akan menampilkan pentas karya diantaranya baca puisi, ludruk, orasi dan ditutup dengan musikalisasi puisi oleh Onomastika. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES