Peristiwa Daerah

Komunitas Media Sosial Jadi Sasaran Relawan Demokrasi

Sabtu, 23 Februari 2019 - 07:33 | 52.51k
Relawan Demokrasi KPU Bondowoso saat memberikan sosialisasi tentang kepemiluan pada Pemilu 2019 di depan para komunitas sosial media atau netizen (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Relawan Demokrasi KPU Bondowoso saat memberikan sosialisasi tentang kepemiluan pada Pemilu 2019 di depan para komunitas sosial media atau netizen (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Banyaknya komunitas atau pengguna media sosial menjadi sasaran sosialisasi Pemilu 2019 oleh Relawan Demokrasi. Seperti yang dilakukan Relawan Demokrasi KPU Bondowoso, pada Jumat (22/2/2019) malam, mereka melakukan sosialisasi kepada komunitas sosial media Bondowoso di Perum Griya Sandika, kabupaten setempat.

Sebanyak 40 anggota komunitas hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka diberi pengetahuan, tentang Pemilu 2019 agar kemudian juga diajarkan kepada teman media sosial yang lain.

Yudi, anggota komunitas yang menjadi tuan rumah mengatakan, pemahaman tentang pemilu merupakan hal yang penting saat ini. Sebab masyarakat dihadapkan dengan pemilihan umum serentak.

“Ada lima kertas suara, dan itu sangat ribet. Kalau tidak paham betul, akan sulit saya kira,” ujarnya.

sosialisasi-2.jpg

 

Selain banyaknya pilihan, masyarakat juga sering tidak paham dengan yang disebut daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus. Berbagai istilah itulah yang perlu digali dalam sosialisasi. Selain itu, tentang tata cara pencoblosan yang benar.

“Kami siap menyebarluaskan pengetahuan ini, jika kami sudah memahaminya,” jelasnya, usai acara sosialisasi.

Sementara Komisioner KPU Lilik Ernawati saat memberikan materi dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, pihaknya sudah menyediakan berbagai hal yang banyak ditanyakan oleh masyarakat. Misalnya tentang tata cara mencoblos yang benar.

“KPU RI sudah membuat panduan yang sangat mudah dipahami, dan ini kami sosialisasikan,” jelasnya.

sosialisasi-3.jpg

Menurutnya, masyarakat tidak perlu susah sebenarnya dalam memahami kertas suara. Sebab sudah didesain dengan cetakan yang berbeda-beda.

Misalnya, kertas suara pilpres berwarna abu-abu, kertas suara DPD RI berwarna merah, DPR RI berwarna kuning, DPRD Provinsi berwarna biru dan DPRD kabupaten berwarna hijau.

Penting diketahui, Relawan Demokrasi Pemilu adalah bentukan KPU. Anggotanya adalah masyarakat dari berbagai komunitas. Ada sebelas sasaran segmentasi yang dibidik relawan, salah satunya basis netizen atau pengguna media sosial. Mereka dibekali pengetahuan tentang kepemiluan, khususnya tentang Pemilu 2019 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES