Gaya Hidup

Mengatasi Jerawat dengan Kulit Jeruk, Ini Caranya

Sabtu, 23 Februari 2019 - 03:04 | 278.75k
ILUSTRASI - Kulit Jeruk. (FOTO: Style Craze)
ILUSTRASI - Kulit Jeruk. (FOTO: Style Craze)

TIMESINDONESIA, JAKARTAManfaat jeruk tidak hanya didapatkan dari buahnya. Bagian jeruk yang selalu dibuang, yakni kulit jeruk juga memiliki manfaat, lho. Kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat.

Pasalnya, kulit jeruk mengandung berbagai senyawa seperti hesperidin dan polymethoxyflavones yang bersifat antioksidan. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa kulit jeruk terasa pahit, jawabannya adalah tingginya kandungan beragam senyawa antioksidan yang bermanfaat ini.

Bagian jeruk yang memiliki aroma menyegarkan ini juga banyak mengandung senyawa antiradang, antimikroba, dan antibakteri. Senyawa-senyawa ini penting dalam mengatasi jerawat, sebab jerawat terbentuk akibat peradangan pada pori-pori yang tersumbat oleh bakteri, sel kulit mati, atau minyak berlebih.

Bagaimana cara menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi jerawat? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Membuatnya menjadi pasta kulit jeruk

Untuk membuatnya menjadi pasta kulit jeruk, ambil beberapa kulit jeruk dan keringkan di bawah sinar matahari selama seharian. Lalu, haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubuk yang halus. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga teksturnya menjadi lunak seperti pasta. Barulah kulit jeruk bisa digunakan seperti masker.

Sebelum mengoleskannya pada wajah, bersihkan wajah Anda dengan air hangat. Kemudian, oleskan pasta kulit jeruk dan diamkan selama 15-20 menit. Lakukan setiap hari setidaknya selama 15 hari untuk mendapatkan hasil optimal.

2. Memeras cairan dari kulit jeruk

Menggunakan kulit jeruk untuk jerawat juga bisa dilakukan dengan memerasnya langsung. Pisahkan kulit jeruk dari buahnya, lalu peras dengan segera. Gunakan kapas kecil, lalu totolkan pada area jerawat. Lakukan selama beberapa hari, dan Anda akan mendapatkan hasilnya.

3. Membuat masker kulit jeruk dan madu

Masker ini dapat membantu menghilangkan kemerahan dan luka bekas jerawat. Caranya, campurkan bahan utama bubuk kulit jeruk, madu, dan yogurt. Kemudian, Anda dapat langsung mengoleskannya pada wajah. Jika kulit wajah Anda terasa kering setelah menggunakan masker ini, Anda dapat mencampur masker ini dengan pelembap atau minyak kelapa.

Itulah cara mengatasi jerawat dengan kulit jeruk. Selain memenuhi kebutuhan vitamin C, Anda juga bisa mendapatkan manfaat jeruk lainnya, yakni wajah bebas jerawat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES