Peristiwa Daerah

Peringati HPSN, Ratusan Personil Polres Gresik Bersihkan Pantai Dalegan

Jumat, 22 Februari 2019 - 20:43 | 85.73k
Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro saat memunguti sampah (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro saat memunguti sampah (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN 2019, ratusan personel dari Polres Gresik bersih-bersih sampah di kawasan wisata Pantai Dalegan, Kecamatan Panceng. Tak hanya personil polisi, ibu-bu Bhayangkari juga turut dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Polres juga mengajak masyarakat dan kaum milenial dari Paguyupan Masyarakat Pesisir Dalegan (PMSD) dan putra-putri Duta Lantas juga turut memunguti sampah.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro mengatakan pihaknya sengaja memilih membersihkan Pantai Dalegan karena dikawasan tersebut merupakan salah satu obyek wisata di Kota Pudak.

Kapolres-Gresik-AKBP-Wahyu-Sri-Bintoro-a.jpg

"Kegiatan itu sebagai wujud Polri dalam menjaga kebersihkan khususnya pantai di HPSN 2019. Ada 300 an personel yang turut mengikuti kegiatan ini. Mulai sampah plastik, daun dan lain sebagainnya kami beraihkan sehingga pantai kembali bersih," ungkapnya, Jumat (22/2/2019).

Wahyu berharap, kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi masayarakat dan mampu mengajarkan anak didik terutama generasi milenial agar menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekitar.

"Mari kita tidak buang sampah sembarangan, mulai dari kita sendiri, keluarga dan masyarakat luas," tambah dia.

Mantan Kapolres Bojonegoro itu menambahkan, dia fokus membersihkan sampah platik karena pada dasarnya sampah tersebut susah terurai sehingga jika dibiarkan akan menganggu ekosistem.

Kapolres-Gresik-AKBP-Wahyu-Sri-Bintoro-b.jpg

keberadaan sampah khususnya sampah plastik bila dibiarkan bisa mengancam ekosistem. Karena proses penguraian sampah plastik membutuhkan waktu ratusan tahun.

"Kalau kita melihat sampah plastik ini terurainya membutuhkan waktu 400 tahun," imbuhnya.

Terpisah Pengelola Wisata Pantai Dalegan Maf'udi merasa terbantu dengan kegiatan yang dilaksanakan Polres Gresik dalam rangka HPSN 2019. "Ya pantai jadi terlihat bersih kembali dan tentu jika bersih pengunjung akan nyaman di Pantai Dalegan," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES