Peristiwa Daerah

Anggarkan Rp 10 M, Pemkab Bondowoso akan Sulap Wajah Kota

Jumat, 22 Februari 2019 - 11:53 | 78.45k
Sebagian sisi Alun-alun RBA Ki Ronggo Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Sebagian sisi Alun-alun RBA Ki Ronggo Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOPemkab Bondowoso akan menyulap wajah kota, Alun-alun RBA Ki Ronggo Bondowoso, dengan anggaran mencapai Rp 10 miliar pada tahun 2020 mendatang. Penataan ini menyebabkan sebagian besar PKL akan dipindah.

Rencananya, wajah kota tersebut, akan dijadikan sebagai pusat edukasi, dan layanan masyarakat. Misalnya Pembayaran pajak, PBB, SIM dan lain sebagainya. Selain itu, Alun-alun RBA Ki Ronggo akan jadi ruang terbuka hijau, dan wahana wisata buatan. Seperti wisata laser dan wisata lampu.

Bahkan Gedung Olahraga Pelita, juga akan disulap menjadi food walk, atau semacam pusat makanan, dan akan dihubungkan dengan alun-alun melalui jembatan kaca.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat menjelaskan, bahwa Bondowoso saat ini dianggap sebagai kota yang kumuh, dan dianggap seperti pasar ‘kojug’ (pasar burung).

Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen akan membuat Alun-alun RRB Ki Ronggo, menjadi alun-alun terindah di Jawa Timur.

“Kami sudah sepakat, Pak Bupati sudah memerintahkan kepada kami, kepada saya, untuk segera membangun wajah kota, membangun alun-alun,” jelasnya.

Menurutnya, kalau wajah kota Bondowoso sudah indah, dipastikan banyak yang akan tertarik dengan Bondowoso.

Dijelasknnya juga, bahwa masterplan atau rencana induk membangun Alun-alun tersebut telah selesai.

“Dan ini sudah disepakati. Insyallah akan kita eksekusi seandainya masih ada di PAK dana sekitar 5 milliar, pencanangan di awal di PAK. Nanti akan kita lakukan di 2020 secara keseluruhan,” ucapnya.

Irwan menegaskan, bahwa Bondowoso food walk dan jembatan kaca itu, nantinya sangat indah sekali, ibaratnya seperti di Singapur.

Sementara terkait  PKL yang ada di alun-alun RBA Ki Ronggo, pihaknya berencana akan memindahkan, sebagian mungkin digeser ke Jembatan Ki Ronggo.

“Ya dipindah, nanti kita tata semua, supaya tidak terlihat kumuh. Sebagian di geser di sana, dan juga ada sebagian kita latih, kita didik nanti masuk di Bondowoso Food Walk,” jelasnya.

Dengan anggaran Rp 10 miliar, diharapkan pembangunan Alun-alun RBA Ki Ronggo Bondowoso, betul-betul bisa mempercantik wajah kota.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES