Indonesia Positif

Pejabat BBPP Batu Ikuti Pembekalan Perbendaharaan Negara

Jumat, 22 Februari 2019 - 07:15 | 53.10k
Sekretaris Jenderal Kementan, Syukur Iwantoro memberikan arahan pada Pembekalan Pejabat Perbendaharaan Negara Satker Pusat dan UPT Vertikal Lingkup Kementan, Jakarta (20/2/2019)
Sekretaris Jenderal Kementan, Syukur Iwantoro memberikan arahan pada Pembekalan Pejabat Perbendaharaan Negara Satker Pusat dan UPT Vertikal Lingkup Kementan, Jakarta (20/2/2019)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala BBPP Batu (Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu) Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si yang juga Kuasa Pengguna Anggaran bersama Pejabat Pembuat Komitmen, M. Abdul Aziz dan Kasubbag.

Keuangan, Veny Octoraningtyas, SE mengikuti Pembekalan Pejabat Perbendaharaan Negara Satker Pusat dan UPT Vertikal Lingkup Kementerian Pertanian selama dua hari (20-21/2/2019) di Auditorium Gedung F, Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta. Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro dalam arahannya mengatakan, pembekalan Perbendaharaan Negara yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini bertujuan agar anggaran APBN Kementerian Pertanian yang cukup besar itu dikelola secara profesional sehingga penggunaannya lebih efisien, efektif, dan akuntabel.

Peserta-Pembekalan-Pejabat.jpg

Peserta Pembekalan Pejabat Perbendaharaan Negara Satker Pusat dan UPT Vertikal Lingkup Kementan Tahun 2019. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

"Karena yang hadir saat ini adalah KPA, PPK, PPSPM, Kasubbag. Keuangan, Bendahara maka Saudara-Saudara merupakan jantung penyelenggara anggaran di Kementerian Pertanian. Karena itu, kesuksesan penyelenggara anggaran sangat tergantung kepada pengelola-pengelola anggaran di satuan kerja," tegasnya. Syukur Iwantoro mengatakan, pola serapan anggaran Kementerian Pertanian masih cenderung melonjak dalam 3 bulan terakhir.

Karena itu ia berharap pengelolaan penyerapan anggaran lebih baik lagi kedepannya. Dengan anggaran Kementerian Pertanian yang setiap tahunnya cenderung naik, anggaran tersebut sudah dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya. Materi pembekalan itu antara lain

1.Kebijakan Perbendaharaan keuangan.

2.Tata cara penyelesaian tuntutan ganti kerugian negara terhadap pegawai negeri bukan bendahara.

3. Akuntabilitas pelaporan keuangan Kementerian Pertanian tahun 2019.

4. Kebijakan pengawasan internal lingkup Kementerian Pertanian.

5. Jabatan fungsional bidang Perbendaharaan, pranata keuangan APBN.

6. Pengelolaan piutang.

7. Evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian tahun 2018 dan Langkah-langkah strategis tahun 2019.

Narasumber pembekalan berasal dari KPK, Dirjen Perbendaharaan, Dirjen Pajak Kementerian Keuangan, KPKN, dan Irjen Kementerian Pertanian. Pembekalan ini ditutup oleh Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementerian Pertanian, Widono, dan ia berpesan kepada seluruh pejabat Perbendaharaan agar senantiasa mengikuti pedoman administrasi keuangan yang telah ditetapkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-9 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES