Indonesia Positif UIN Malang

Cegah Plagiasi Fakultas Humaniora UIN Malang Gelar Pelatihan Turnitin

Jumat, 22 Februari 2019 - 06:20 | 150.08k
Para pemateri sedang mengarahkan penggunaan Turnitin kepada para mahasiswa jurusan Sastra Inggris, Kamis (21/02) (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Para pemateri sedang mengarahkan penggunaan Turnitin kepada para mahasiswa jurusan Sastra Inggris, Kamis (21/02) (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Memasuki tahap pengerjaan skripsi mahasiswa angkatan 2015, Fakultas Humaniora UIN Malang mengadakan pelatihan kepustakaan dengan topik Menggunakan Turnitin untuk mendeteksi Similarity dan Potensi Plagiasi Pada Karya Ilmiah, Kamis (21/2/2019).

Turnitin sendiri merupakan basis internet yang mampu mendeteksi tingkat plagiasi sebuah karya tulis. Basis yang telah digunakan di banyak perguruan tinggi di seluruh dunia ini, memberikan kemudahan penggunanya untuk menyeleksi setiap konten yang terindikasi menyamai karya tulis lain.

jurusan-Sastra-Inggris-UIN-Malang2.jpg

"Tahun ini akun Turintin yang dilanggan perpustakaan UIN Malang telah banyak kami perbaiki. Semoga membantu dan membawa banyak manfaat untuk para mahasiswa. Salah satunya agar mereka mampu instropeksi diri dengan karya tulisnya masing-masing," jelas Faizuddin Harliansyah, MIM, pemateri pelatihan.

Pelatihan ini digelar selama dua hari, untuk menyesuaikan kapasitas masing-masing jurusan di Fakultas Humaniora. Menurut Faizuddin, Fakultas Humaniora merupakan Fakultas pertama di UIN Malang yang mengadakan pelatihan semacam ini.

Keputusan Batasan plagiasi memang belum disahkan secara resmi, namun pelatihan Turnitin sangat dibutuhkan agar para mahasiswa tidak salah kaprah saat proses penggunaannya nanti. "Semoga selanjutnya Fakultas lain turut menyusul mengadakan kegiatan yang sama," tambah Faizuddin yang juga pejabat admin perpustakaan pusat UIN Malang ini.

Selama proses pelatihan, seluruh peserta diarahkan untuk mencoba menggunakan Turnitin secara langsung. Karya tulis hasil para peserta yang hendak diajukan untuk skripsi, diujicobakan untuk dideteksi dengan Turintin. Selain itu, pada pelatihan ini peserta juga diberikan penjelasan mengenai etika tentang penulisan yang sesuai dengan aturan penulisan jurnal artikel.

Ketua Jurusan Sastra Inggris, Rina Sari, M.Pd, ketika memberi sambutan mengatakan, pelatihan ini memang diadakan sebagai bekal para mahasiswa untuk penulisan skripsi. "Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini mahasiswa bisa lulus tepat waktu dan hasil skripsinya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik," ujarnya.

Fakultas Humaniora juga akan memfasilitasi para mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan lain yang mampu mempermudah pengerjaan kepenulisan skripsi. Fakultas Humaniora UIN Malang juga mengagendakan pelatihan akses jurnal, serta penggunaan beberapa aplikasi penunjang etika kepenulisan karya ilmiah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-9 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES