Gaya Hidup

Wah, Rajin Sarapan Bisa Bikin Anak Pintar Lho

Jumat, 22 Februari 2019 - 08:02 | 103.52k
ILUSTRASI - Anak Sarapan. (FOTO: shutterstock.com)
ILUSTRASI - Anak Sarapan. (FOTO: shutterstock.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTASarapan sering dilewatkan dengan alasan buru-buru, belum mood untuk makan, bahkan sebagian orang sengaja tidak sarapan demi menjaga berat badan. Namun tahukah Anda jika kebiasaan melewatkan sarapan itu tidak baik? Sarapan sangat penting untuk menunjang perkembangan kognitif anak. Dengan rajin sarapan bisa bikin anak pintar.

Tak hanya menjaga kesehatan anak secara fisik, manfaat sarapan pagi juga bisa bikin si kecil lebih cepat tanggap dalam belajar. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa anak-anak yang rajin sarapan pagi cenderung lebih fokus dalam belajar, ketimbang anak yang tidak sarapan.

Energi yang berasal dari asupan karbohidrat pada menu sarapan membuat anak lebih aktif berdiskusi, mampu menangani masalah kompleks di kelas, dan bahkan mendapatkan nilai yang lebih baik. Begitu menurut dr. William Sears, seorang dokter anak asal California, Amerika Serikat.

Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha, Sp. A (K), selaku dokter spesialis anak konsultan nutrisi dan metabolik, seperti dilansir dari Klik Dokter, bahkan sudah membuktikan ada kaitan sarapan dengan perkembangan kognitif anak melalui penelitian yang dilakukan pada anak sekolah usia 6-9 tahun dan di atas 9 tahun di Bali.

Dr. Lanang menemukan bahwa anak yang rajin sarapan pagi memiliki nilai akademis 4 kali lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak sarapan. Hal ini terlihat dari kemampuan kognitif anak yang meningkat, terutama dalam hal daya ingat dan kemampuan memperhatikan pelajaran di kelas.

Dr. dr. Taufiq Pasiak, M. Kes, M.Pd, selaku ahli neuroanatomi dan neurosains, turut mendukung paparan tersebut. Ia mengatakan sarapan pagi bukan hanya bikin pintar, tapi juga mengatur emosi jadi lebih stabil. Akan tetapi, hal ini tidak bisa bersifat insidental atau mendadak, harus berkelanjutan. Minimal 22 hari rutin sarapan agar bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk anak.

Hal ini turut didukung oleh sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience tahun 2013 silam. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa manfaat sarapan pagi juga bisa meningkatkan kesehatan jiwa anak.

Nah, mulai sekarang jangan lewatkan waktu sarapan, terutama jika ingin memiliki anak pintar. Selain mempengaruhi perkembangan kognitif anak, sarapan juga bisa meningkatkan kesehatan jiwa anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES