Ekonomi

Kenalkan Batik Khas Malangan, Batik Blimbing Hadirkan Motif Ikon Kota Malang

Kamis, 21 Februari 2019 - 16:09 | 435.26k
Aulya Rishmawati Pengelola Batik Blimbing. (FOTO: Rosidatul Hasanah/ TIMES Indonesia)
Aulya Rishmawati Pengelola Batik Blimbing. (FOTO: Rosidatul Hasanah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pameran ekonomi kreati dalam rangka HUT ke-105 Kota Malang yang digelar selama dua hari ini menyuguhkan berbagai produk khas Malang, yaitu berupa kerajinan topeng malang, seni lukis, destinasi wisata Kota Malang dan juga batik khas Malang. Batik ini dikenal dengan Batik Blimbing yang memproduksi dengan dua teknik yaitu berupa Batik Tulis dan Batik Cap Khas Malangan.

Batik Blimbing memiliki motif ikon-ikon malang, seperti kampung warna-warni, dan topeng malang. Batik yamg bermotif ikon malang merupakan produk unggulan dari perusahaan batik blimbing khas malangan.

Batik-Blimbing.jpg

"Selain produk unggulan kami juga menyediakan produk turunan seperti kaos, dan kerudung ikat celup," ujar Aulya Rishmawati selaku Pengelola Batik Blimbing.

Terdapat beberapa proses untuk mendapatkan produk batik ini yaitu pertama mendesain motif, mencanting, mewarnai, lalu proses pencucian.

"Untuk memproduksi satu kain batik tulis membutuhkan waktu 1 bulan lamanya, dan untuk kain batik cap hanya membutuhkan waktu 2 minggu. Produk batik blimbing ini di jual dengan harga berkisar 300 ribu hingga 1 juta," ujarnya.

Batik.jpg

Anda bisa mendapatkan keterampilan membatik dengan mengikuti pelatihan membatik di tempat Industri Batik Blimbing Malang yang beralamatkan di Jl Candi Jago No 6 Blimbing - Kota Malang.

"Saya sangat bangga dan juga merasa terhormat karena telah di undang dalam kegiatan ini untuk meningkatkan selain sebagai promosi, Batik Blimbing juga ikut membantu mengembangkan usaha yang ada di Kota Malang," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES