Peristiwa Daerah

Tanya Jawab dengan Pekerja Pabrik di Situbondo, Sukron Ma’mun Hidayat Disebut Mirip Bupati Anas

Rabu, 20 Februari 2019 - 21:04 | 177.95k
Sukron bersama Nyai Hj. Isya'iyah As'ad (baju kuning) dan karyawan Pabrik PT Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Situbondo. (Foto : Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)
Sukron bersama Nyai Hj. Isya'iyah As'ad (baju kuning) dan karyawan Pabrik PT Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Situbondo. (Foto : Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Kunjungan Caleg DPR RI Nomor Urut 5, Dapil 3 Jawa Timur dari Partai PKB, H Sukron Ma’mun Hidayat, di Situbondo, juga diwarnai kisah menarik. Tepatnya saat dia mendatangi pabrik PT Panca Mitra Multiperdana (PMMP).

Di sini, oleh para karyawan, tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Banyuwangi ini disebut mirip Bupati Abdullah Azwar Anas. “Wajahnya mirip pak Azwar Anas, Mas Sukron adiknya ya?,” ucap salah satu pekerja, Rabu (20/2/2019).

Mendengar pertanyaan polos tersebut, Sukron pun langsung membalas dengan senyuman.

Sekedar diketahui, Sukron memang adik kandung dari Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Dari raut wajah serta cara bicara, bak pinang dibelah dua dengan Bupati dua kali periode tersebut. Bahkan, tutur bahasa yang santun serta kemonceran pola fikir hampir tak berbeda.

Maka tak heran, jika dibenak semua orang langsung terlintas sosok Bupati Anas, begitu bertemu atau melihat Caleg DPR RI ini. “Awalnya kami bersilaturahim ke Nyai Hj Isya'iyah As'ad, yang juga puteri almarhum KH As’ad Syamsul Arifin. Setelah itu, kami diajak berkunjung ke pabrik PT Panca Mitra Multiperdana,” ucap Sukron mengisahkan.

Di pabrik dengan 5000 an karyawan tersebut, dia disambut antusias. Usai membaca sholawat Nariyah bersama, mereka berbaur santai sambil bercengkerama.

Bertemu dengan calon wakil rakyat, sepertinya rasa penasaran para pekerja pabrik muncul. Sampai akhirnya satu persatu pertanyaan pun keluar. Khususnya tentang program yang akan diperjuangkan Sukron ketika diberi amanat menjadi anggota DPR RI.

“Kualitas angkatan kerja termasuk anak muda, harus meningkat. Kita siapkan pelatihan-pelatihan. Dengan kemampuan yang meningkat, Insya Allah kesejahteraan juga dengan sendirinya akan naik,” katanya.

Kami, lanjut Sukron, akan memastikan seluruh pekerja bisa dilindungi oleh BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Dengan begitu diharapkan para pekerja dapat melakukan aktivitas dengan lebih tenang. Dan tentu saja kondisi tersebut akan berdampak meningkatnya produktivitas kerja.

“Pendidikan bagi anak-anak muda di daerah, termasuk putera-puteri para pekerja pabrik, akan menjadi perhatian khusus. Karena salah satu kunci kemajuan itu adalah soal SDM, untuk itu akan kita kawal, agar ada beasiswa sampai bangku kuliah,” terangnya.

Pria yang juga Wakil Ketua PCNU Banyuwangi tersebut menegaskan, dalam sisi SDM, pemuda di daerah tak boleh kalah dengan perkotaan. Terlebih di era kemajuan teknologi seperti saat ini, negara memiliki banyak instrumen untuk membangun SDM generasi muda di pedesaan.

“Saya akan memperjuangkan sampai program ini terwujud, dengan mengolaborasikannya bersama pemerintah pusat, daerah, dan BUMN. Mulai dari beasiswa, pelatihan-pelatihan, program terpadu kewirausahaan sampai kita lahirkan pengusaha muda baru,” ucap Sukron disambut antusias para pekerja pabrik.

Sebelum mengunjungi pabrik eksportir udang PT PMMP, di Situbondo, Sukron Ma’mun Hidayat juga bersilaturahmi ke sejumlah pesantren. Diantaranya bersilaturahmi ke kediaman Nyai Hj Makkiyah As’ad, puteri almarhum KH As'ad Syamsul Arifin. Serta sowan ke KH Achmad Ridwan, pengasuh Pesantren Nurul Ulum Semiring, Situbondo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES