Wisata

Kemenkop dan UKM RI Dukung Target Kunjungan 1 Juta Wisman ke Danau Toba

Rabu, 20 Februari 2019 - 17:47 | 59.68k
Victoria Br Simanungkalit (FOTO: Ali For TIMES Indonesia)
Victoria Br Simanungkalit (FOTO: Ali For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKemenkop dan UKM RI mendukung penuh upaya pemerintah dalam menggenjot dan mendorong pengembangan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata. 

Hal ini sejalan dengan target pemerintah agar Wisata Danau Toba mampu menarik 1 juta wisatawan mancanegara pada 2019. 

“Siapa tak kenal dengan Danau Toba yang merupakan danau terbesar se-Asia Tenggara ini? Terkait fakta ini, sungguh tepat keputusan pemerintah memprioritaskan sekaligus menjadikannya sebagai salah satu andalan tujuan atau Destinasi Utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Deputi Bidang Pemasaran dan Produksi, Kemenkop UKM, Victoria br Simanungkalit pada pembukaan kegiatan 'Sinergitas Program dalam rangka Mendukung Pengembangan Destinasi Wisata Danau Toba' di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Selasa (19/2/2019).

Victoria menambahkan, konsentrasi dukungan Kemenkop dan UKM dalam pengembangan Wisata Danau Toba terutama pada segi pembangunan infrastruktur, pengembangan destinasi pendukung, penguatan kelembagaan, maupun penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Victoria mengingatkan, bahwa target pemerintah agar Wisata Danau Toba mampu menarik 1 juta wisatawan mancanegara pada 2019 pasti menjadi tantangan tersendiri bagi Provinsi Sumatera Utara. Itu sebabnya, diperlukan kerjasama antar berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat, daerah, maupun stakeholder terkait. 

“Sejumlah kementerian dan lembaga terkait dunia pariwisata harus dilibatkan buat mengoptimalkan pengembangan Destinasi Wisata Danau Toba ini. Tak terkecuali, peran Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran,” katanya.

Dalam konteks ini, Kemenkop dan UKM RI berusaha membangun sinergi dan kemitraan antar stakeholder dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, antara lain dengan pihak Bappenas, Kementerian Pariwisata, ASITA, GIZ, Kementerian Hukum dan HAM, serta Kementerian Desa dan PDT.

“Tidak lupa, pihak Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran juga menyampaikan apresiasi yang tinggi dan berterimakasih kepada semua pihak atas dukungan dan partisipasi yang sudah diberikan,” ujar Victoria.

Untuk diketahui kegiatan 'Sinergitas Program dalam rangka Mendukung Pengembangan Destinasi Wisata Danau Toba' di Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan, Sumut ini merupakan tindak lanjut dari Launching Pilot Project Pengembangan Homestay dan Tour Guide di Humbang Hasundutan oleh Kemenkop dan UKM RI pada Tahun 2018.

Guna mendukung program tersebut maka pada 18-20 Februari 2019 diadakan kegiatan 'Workshop Pengelolaan Desa Wisata oleh Koperasi'.

Workshop tersebut diikuti 40 KUKM pengelola usaha pariwisata dan pendukungnya, serta 'Konsultasi Design dan Kemasan, serta Pemberkasan Pendaftaran Merek Produk KUKM' yang diikuti oleh 50 pelaku KUKM. “Saya berharap supaya kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi para pelaku Koperasi dan UKM dalam mengembangkan usahanya,melakukan diversifikasi produk, dan perluasan jaringan,” jelas salah satu Deputi di Kemenkop dan UKM RI ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES