Indonesia Positif

Ketua DPRD Pimpin Upacara Peringatan K3 Nasional

Kamis, 21 Februari 2019 - 04:05 | 63.83k
Ketua DPRD Pimpin Upacara Peringatan K3 Nasional. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Ketua DPRD Pimpin Upacara Peringatan K3 Nasional. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Terkait keselamatan kerja, BPJS Ketenagakerjaan mencatat sepanjang tahun 2018, terdapat 157.313 kasus kecelakaan kerja. Dimana yang juga termasuk dalam kategori kecelakaan kerja adalah kecelakaan lalulintas pada perjalanan pekerja menuju tempat kerja, serta perjalanan pulang dari tempat kerja menuju tempat tinggal. Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Bulan Agustus 2018, sebanyak 58,76% dari total angkatan kerja di Indonesia adalah tamatan SMP ke bawah. Hal tersebut ternyata berdampak pada kesadaran pentingnya berperilaku selamat dalam bekerja.

Untuk itulah pemerintah mengajak seluruh stakeholder (pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat), untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 serta pengawasan. "Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan. Namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Kecelakaan kerja juga dapat mempengaruhi indeks pembangunan manusia dan daya saing nasional," urai Ketua DPRD Kota Pasuruan H.Ismail Hasan, yang berkesempatan menjadi Inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2019, yang diselenggarakan di PT. Boma Bisma Indra (BBI)-Kota Pasuruan, Kamis (14/2/2019).

DPRD-Pimpin2.jpg

Dalam kegiatan yang juga di hadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkompimda Kota Pasuruan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, dan Dewan Pengupahan Kota Pasuruan serta karyawan-karyawati perusahaan BBI itu. Ismail Hasan juga menyampaikan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan RI, bahwa tema pokok Bulan K3 Tahun 2019 ini adalah “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional”. (*)

DPRD-Pimpin3.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-9 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES