Kesehatan

Sering Menyerang Wanita, Waspadai Lima Jenis Kanker Ini!

Rabu, 20 Februari 2019 - 03:11 | 52.23k
ILUSTRASI (FOTO: Deccanherald)
ILUSTRASI (FOTO: Deccanherald)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar. Lebih dari 30 persen kematian akibat kanker disebabkan oleh lima faktor risiko perilaku dan pola makan. Meski bisa menyerang siapa saja, ada beberapa jenis kanker pada wanita yang paling umum terjadi.

Berikut ini lima jenis kanker pada wanita yang paling sering terjadi. Bahkan, menyebabkan tingkat kematian yang cukup tinggi.

1. Kanker payudara

Kanker payudara termasuk jenis kanker tertinggi pertama pada wanita. Jenis kanker pada wanita yang satu ini muncul ketika sel-sel kanker tumbuh dari jaringan payudara yang meliputi kelenjar susu dan saluran payudara, beserta lemak dan jaringan ikat.

Oleh karena itu, penting untuk Anda melakukan deteksi dini payudara dengan SADARI (periksa payudara sendiri) dan SADANIS (periksa payudara klinis)

2. Kanker serviks

Tak hanya di Indonesia, kanker serviks juga merupakan jenis kanker yang sangat umum terjadi pada wanita di seluruh dunia. Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO, kanker serviks merupakan jenis kanker nomor empat yang paling sering terjadi pada wanita. Namun, di Indonesia sendiri kanker pada wanita yang satu ini berada pada peringkat kedua kanker yang paling sering terjadi.

Edisi-Kamis-16-Januari-2020-kanker.jpg

3. Kanker usus besar

Jenis kanker yang perlu diwaspadai wanita lainnya adalah kanker usus besar. Wanita dengan riwayat kesehatan keluarga atau pribadi memiliki kanker ini, atau memiliki polip di usus besar atau rektum, dan yang memiliki penyakit radang usus lebih mungkin mengalami kanker usus besar.

Selain itu, kelebihan berat badan, makan makanan yang tinggi lemak (terutama dari sumber hewani) juga meningkatkan risiko kanker usus besar.

4. Kanker ovarium

Biasanya, kanker ovarium terjadi pada wanita yang berusia 55 tahun lebih. Namun tidak menutup kemungkinan dialami oleh anak-anak atau remaja. Kanker ovarium dapat disembuhkan secara total jika ditemukan cepat dan diobati dengan tepat.

Jenis kanker pada wanita yang satu ini ditandai dengan gejala seperti perut kembung, tidak nafsu makan, penurunan berat badan yang drastis, perubahan siklus haid, hingga terasa tidak nyaman di bagian panggul.

5. Kanker paru

Jenis kanker yang banyak diderita wanita selanjutnya adalah kanker paru. Kanker paru adalah kondisi ketika sel-sel jaringan di paru-paru tumbuh dengan luar biasa cepat, menyebabkan tumor terbentuk. Kanker paru menyebabkan ketidakmampuan tubuh dalam berfungsi dan menyebabkan kualitas hidup yang buruk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES