Peristiwa Nasional

Situs Kolaborasi Lintas Media CekFakta Diretas, Ada yang Kebakaran Jenggot?

Selasa, 19 Februari 2019 - 22:54 | 186.31k
Situs CekFakta.com yang berubah tampilan setelah diretas (FOTO: Marketing Insider Group)
Situs CekFakta.com yang berubah tampilan setelah diretas (FOTO: Marketing Insider Group)

TIMESINDONESIA, JAKARTASitus Kolaborasi Lintas Media tanah air CekFakta (cekfakta.com), sebuah situs yang mengkonfirmasi ulang data-data yang disampaikan dua calon presiden dalam debat kedua capres diretas, Selasa (19/2/2019). Waktunya sekira pukul lima pagi. Situs tersebut diacak-acak setelah dua hari debat capres Jokowi dan Prabowo Subianto di Hotel Sultan dengan tema energi, pangan, sumber daya alam, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Peretas mengubah tampilan muka situs yang bertujuan memerangi hoaks itu berubah menjadi situs 'hantu'. Pengunjung situs diarahkan ke situs berbagi video Youtube.com.

Pemred TIMES Indonesia Yatimul Ainun menyesalkan  peretasan situs yang mencerahkan dan bermanfaat bagi masyarakat ini. Terutama bisa menjadi rujukan bagi calon pemilih dalam Pilpres 2019.

"Kami sangat menyesalkan adanya peretasan atas situs CekFakta.com yang merupakan kolaborasi media-media daring untuk mencerahkan dan memberi informasi yang akurat pada publik. Pelakunya jelas harus diusut tuntas," kata Ainun.

Ainun berharap, pengelola CekFakta.com yang terdiri dari kolaborasi puluhan media daring akan memperbaiki sistem pengamanan situs ini dan akan terus berkolaborasi untuk memverifikasi klaim dan melawan hoaks serta disinformasi. 

"Saat ini tim masih terus melakukan pencarian dan perbaikan bagimana CekFakta.com tetap kembali normal," kata Ainun.

Penyesalan serupa juga disampaikan Pemimpin Redaksi Tempo.co Wahyu Dhyatmika. Padahal situs yang digagas Google ini sangat mencerahkan dan informasi akurat bagi publik.

"Kami menyesalkan peretasan atas situs CekFakta.com yang merupakan kolaborasi media-media daring untuk mencerahkan dan memberi informasi yang akurat pada publik," ujar Wahyu.

"Ke depan, kami akan memperbaiki sistem pengamanan situs ini dan akan terus berkolaborasi memverifikasi klaim dan melawan hoaks serta disinformasi," tambah Wahyu.

Wahyu juga mengatakan perbaikan terus dilakukan hingga Selasa malam. Domain sudah dikuasai dan dalam kendali. "Baru saja, IDWebHost membantu dengan mengembalikan kendali atas domain ini pada kami," ujarnya.

"Peretas sebelumnya mengubah ID pemilik website ini menjadi Elliot Alderton dengan emailnya: [email protected]," tambah Wahyu. Diketahui Situs Kolaborasi Lintas Media tanah air CekFakta kena hack pagi tadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES