Politik Jokowi-Makruf Amin

KH Ma'ruf Amin: Ulama Banten yang Pernah Dukung Prabowo, Kini Beralih Dukung Jokowi

Selasa, 19 Februari 2019 - 18:36 | 45.83k
Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin saat menerima dukungan tokoh ulama Banten tersebut saat konsolidasi di Pondok Pesantren An Nawawi, Tanara, Banten. (FOTO: TKN for TIMES Indonesia).
Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin saat menerima dukungan tokoh ulama Banten tersebut saat konsolidasi di Pondok Pesantren An Nawawi, Tanara, Banten. (FOTO: TKN for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, SERANG – Cawapres KH Ma'ruf Amin mengatakan ada beberapa tokoh ulama Banten yang 2014 mendukung capres 02 Prabowo Subianto, kini merapatkan barisan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Jokowi. 

"Banyak tadi saya, yang lapor-lapor (dukung) itu sudah berapa," ujar KH Ma'ruf Amin saat menerima dukungan tokoh ulama Banten tersebut saat konsolidasi di Pondok Pesantren An Nawawi, Tanara, Banten, Selasa (19/2/2019).

Kendati Ketua Majelis Ulama Indonesia nonaktif itu tidak menyebut jumlah secara pasti, serta nama ulama dan kiai yang dimaksud. Hanya saja, ulama yang memberikan dukungan diketahui berasal dari wilayah Tanara, Pontang, dan wilayah lain di Banten.

"Alhamdulillah sih di daerah Pontang, di sini, dan juga daerah-daerah lain," imbuh KH Ma'ruf Amin yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.

Adapun alasan para ulama mengubah arah dukungan, kata KH Ma'ruf, melalui proses perenungan. Para ulama ini tersadar isu negatif yang menyerang capres petahana Jokowi, yang ternyata tidak benar.

"Mereka makin hari setelah mereka renungkan, pikirkan crosscheck, tabayyun, bahwa isu-isu tentang pak Jokowi yang dianggap negatif itu mereka makin tahu tidak benar itu," ujar KH Ma'ruf Amin.

Terkait, suara dukungan di Provinsi Banten, KH Ma'ruf Amin yakin sudah merata. Tinggal bagaimana memperbesar jumlahnya. Dia pun mengakui ada daerah yang masih abu-abu antara. Yaitu berasal dari pemilih yang ragu. "Saya kira 15-20 persen tapi dari hari ke hari membaik," tandasnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES