Politik Jokowi-Makruf Amin

KH Ma'ruf Ajak Media Keliling Ponpes An Nawawi Tanara Serang

Selasa, 19 Februari 2019 - 13:04 | 66.76k
Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin saat mengajak media keliling melihat Pesantren An Nawawi Tanara, Serang. (FOTO: TKN for TIMES Indonesia).
Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin saat mengajak media keliling melihat Pesantren An Nawawi Tanara, Serang. (FOTO: TKN for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin melakukan konsolidasi pemenangan di pondok pesantren An Nawawi Tanara miliknya. Sebelum berkonsolidasi ia mengajak awak media berkeliling tempat pendidikan berbasis Islam di Serang itu. 

Lebih dari 1.5 kilometer berjalan kaki di tengah terik mata hari, Abah, sapaan akrab KH Ma'ruf Amin dan awak media mengelilingi kompleks Pondok Pesantren Tanara.

KH Ma'ruf memulai dengan memperlihatkan isi rumahnya yang berada di kompleks pesantren tersebut. Beberapa foto KH Ma'ruf dengan pembesar agama Islam lain terpajang di ruang tamu.

"Ini waktu bersama syeikh dari Sudan, waktu saya masih gemuk," kelakar Ma'ruf di lokasi, Banten, Selasa, 19 Februari 2019.

Ada belasan foto di kediamannya itu, termasuk ketika Ma'ruf aktif menjadi anggota partai politik. Termasuk saat menjadi anggota DPRD DKI Jakarta. Nampak pula pigura besar berisi silsilah pengasuh pesantren. 

Menurut dia, rumahnya selalu penuh saat haul atau peringatan. Kebiasaan Nahdlatul Ulama (NU), warga nahdliyin selalu berkumpul di rumah kiai sepuh untuk memperingati hari besar Islam, atau peringatan lain. 

Beberapa presiden juga sempat berkunjung ke kediamannya. "Pak Joko Widodo sudah dua kali ke sini. Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) pas jadi presiden juga pernah berkunjung ke sini. Pak JK (Jusuf Kalla) waktu jaman Pak SBY juga (berkunjung)," sebut Kiai Ma'ruf.

Kunjungan berlanjut ke kompleks pesantren di belakang kediaman KH Ma'ruf. Belasan bangunan berdiri di tanah seluas 9 hektar itu. Ada seribu lebih santri yang belajar di pondok pesantren itu. Separuh santri dan sisanya santriwati.

Pengunjung menemui masjid besar di tengah kompleks, berdekatan dengan asrama santri laki-laki. Di belakang masjid terdapat pemakaman keluarga yang sempat dikunjungi Ma'ruf. 

Mustaysar Pengurus Besar NU (PBNU) itu juga menengok kelas santri putri yang sedang beraktivitas. Beberapa unit pelatihan santri sempat dikenalkan Ma'ruf kepada wartawan. Misalnya ruang simulasi sidang, pabrik roti kecil, bank wakaf mikro dan koperasi. Ada juga supermarket bernama lembaga ekonomi umat (LEU).

Dia juga mengajak awak media melihat aula besar yang biasa dipergunakan untuk acara haul atau pertemuan masif. 

"Kita akan terus membangun dan menambah ruang dan santri agar Ponpes ini semakin bagus dan bermanfaat bagi santri," ucapnya. 

Usai berkeliling Abah Ma'ruf memberikan keterangan pers merangkum perjalanan mengililingi ponpes. Tak ada raut capek atau lelah usai berjalan di tengah terik matahari. 

Kunjungan KH Ma'ruf ke Serang, Banten, digunakan untuk pemantapan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin. Anak-anak muda terutama kiai-kiai muda, akan dirangkul KH Ma'ruf untuk berdiskusi meraih kemenangan di Banten. 

KH Ma'ruf mengakui sudah lima kali lebih mengunjungi provinsi itu, karena memang ada target yang perlu dicapai. Pertama yakni merawat dukungan atau maintenance. Jangan sampai pendukung mengalihkan hati pada kompetitor.

"Kedua melakukan upaya-upaya penambahan, baik dari swing voter, undecided maupun yang sudah menentukan sebelah sana kita rayu ke sini," kata KH Ma'ruf Amin kepada rombongan media yang berkunjung ke Pesantren An Nawawi Tanara Serang, Banten. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES