Politik

Ujang Komarudin: Saling Serang Warnai Debat Pilpres 2019 Jilid II

Senin, 18 Februari 2019 - 21:34 | 47.48k
Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin. (FOTO: Ujang Komarudin for TIMES Indonesia)
Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin. (FOTO: Ujang Komarudin for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin, menyebut saling serang yang terjadi dalam debat pilpres 2019 jilid II merupakan dinamika dalam perdebatan.

Hal itu ia ungkapkan menyikapi jalannya debat pilpres 2019 kedua pada Minggu (17/2/2019) malam. Ujang menilai debat tersebut berjalan lebih rileks dan terbuka dari sebelumnya.

"Walaupun keduanya masih saling serang dan memojokkan, tapi memang itulah dinamika perdebatan, sehingga debat menjadi dinamis dan berwarna," kata Ujang kepada TIMES Indonesia, Senin (18/2/2019).

Justru lanjutnya, perdebatan tidak akan baik jika berlangsung monoton, tanpa adanya saling serang. "Menurut saya serangan asal masih dalam koridor itu tidak masalah, dibolehkan yang penting tidak menyerang secara personal," jelasnya.

Kendati demikian, Ujang Komarudin yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu menilai debat pilpres 2019 jilid II kemarin belum terlalu menunjukkan diskursus yang mendalam meski pelaksanaannya sudah membaik dibandingkan debat perdana Januari lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES