Politik Debat Pilpres 2019

Berkat Evaluasi KPU RI, Debat Pilpres 2019 Jilid II Berlangsung Terbuka

Senin, 18 Februari 2019 - 20:22 | 24.66k
Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin. Foto: Ujang Kormarudin for TIMES Indonesia
Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin. Foto: Ujang Kormarudin for TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTADebat pilpres 2019 jilid II yang digelar pada Minggu (17/2) malam, berlangsung dinamis dan lebih hidup dari debat perdana sebelumnya. Hal itu disinyalir lantaran evaluasi yang dilakukan oleh KPU RI usai debat pertama Januari lalu.

"Debat kedua tadi malam tentunya lebih dinamis, lebih hidup dan pastinya lebih baik dari debat pertama," kata Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin kepada TIMES Indonesia, Senin (18/2/2019).

Menurut Ujang, tanpa adanya pemberian kisi-kisi terkait pertanyaan dari panelis, debat pilpres yang kedua ini terasa lebih terbuka. Masyarakat bisa melihat langsung para calon pemimpin menjawab pertanyaan tanpa harus terpaku pada jawaban yang telah dipersiapkan.

"Jadi mereka menjawab apa adanya sesuai dengan kemampuan masing-masing dan lebih hidup tidak lagi monoton," tukas Ujang.

Seperti diketahui, debat pilpres 2019 jilid II berlangsung di Golden Ballroom hotel Sultan, Jakarta. Debat kali ini menampilkan Jokowi dan Prabowo secara head to head membahas tentang energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan infrastruktur.

Sebelumnya, KPU RI memang menuai beragam kritikan pasca pelaksanaan debat pertama Kamis 17 Januari lalu. Selanjutnya, KPU RI bersama pihak terkait lainnya seperti Bawaslu, dan juga tim kampanye masing-masing paslon melakukan evaluasi dan koordinasi guna menciptakan debat pilpres 2019 jilid II lebih baik dari sebelumnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES