Peristiwa Daerah

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, ASN Banyuwangi Ikuti Training ESQ

Senin, 18 Februari 2019 - 19:40 | 60.30k
Pemberian Motivasi Peningkatan Kualitas Kinerja Oleh Tim ESQ 165 di Pendopo Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)
Pemberian Motivasi Peningkatan Kualitas Kinerja Oleh Tim ESQ 165 di Pendopo Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Lebih dari 1.000 ASN Banyuwangi nampak duduk rapi di pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi. Mereka mengikuti acara training ESQ untuk meningkatan kualitas pelayanan publik, yang dipandu motivator DR. H.C Ary Ginanjar Agustian, trainer Emotional Spiritual Quotient  (ESQ) 165 Jakarta.

Karena Ginanjar Agustian berhalangan hadir, maka digantikan oleh coach Iman Herdimansyah, salah seorang trainer ESQ 165 dari Jakarta juga.

TIMES-Indonesia-ASNBanyuwangi-2.jpg

Sebelum acara dimulai ASN diajak mengumandangkan sholawat Nabi, yang diiringi rebana dan menyaksikan tarian kuntulan Banyuwangi.

Acara pemberian motivasi oleh ESQ ini sangat dibutuhkan bagi para ASN di Banyuwangi untuk menjaga kualitas pelayanan yang sudah diberikan selama ini dan meningkatkannya, agar tidak terbuai dengan kondisi tersebut.

"SDM itu nomer satu, bila ASN energinya baik, maka kinerjanya juga akan tinggi, layaknya baterai handphone, kalau sering dipakai pasti ngeblang, maka harus dicas agar bugar kembali,"ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam pidatonya, Senin (18/02/2019).

Tema yang diambil dalam acara ini adalah menemukan kekuatan besar dari dalam diri ASN yang mempunyai sifat pelayanan melalui pendekatan spiritual.

Keseruan mulai nampak, saat coach Iman Herdimansyah menyuruh ASN Banyuwangi untuk menepuk pundak bahu rekan di sebelahnya dan mengucapkan permintaan maaf bila banyak kesalahan selama melayani masyarakat.

TIMES-Indonesia-ASNBanyuwangi-3.jpg

Keseruan semakin bergemuruh, ketika Bupati Abdullah Azwar Anas dan ASN Banyuwangi saling berhadapan, menyanyi serta melambaikan kedua tangan ke atas secara serentak.

Training ESQ ini terbagi menjadi dua sesi, sesi yang pertama pagi hingga siang, dan sesi kedua siang hari hingga menjelang petang hari. "Saya mengucap banyak terimakasih atas ESQ dan atas nama seluruh ASN di Banyuwangi", tegas Iman Herdimansyah sebagai Training Director ESQ Group.

Dipuncak sesi pertama, ASN Banyuwangi sangat khusyuk merenung atas panduan sang motivator, tak jarang ada yang memperagakan dan menangis karena menyentuh batin.

Perlu diketahui 95 persen tingkat kepuasan masyarakat Banyuwangi terhadap pelayanan yang diberikan oleh ASN Banyuwangi, terbilang sangat puas. Harapannya dengan training ESQ ini, pegawai ASN Banyuwangi selalu meningkatkan kualitas pelayanan, karena di era disruption ini sangat kompetitif, maka dari itu SDM harus kreatif dan inovatif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES