Tekno

Jepang Bakal Membuat Medali Olimpiade 2020 dari Smartphone Bekas, Benarkah?

Senin, 18 Februari 2019 - 16:14 | 36.37k
Medali Olimpiade 2020 dari Ponsel Bekas. (FOTO : Indozone.id)
Medali Olimpiade 2020 dari Ponsel Bekas. (FOTO : Indozone.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hadirkan program ramah lingkungan, di pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade 2020, Jepang mulai mengumpulkan smartphone bekas, laptop, kamera digital dan perangkat elektronik lainnya untuk disulap menjadi medali.

Dilansir dari laman Phone Arena, tidak semua komponen dari smartphone, laptop, kamera digital bisa dipakai sebagai material untuk medali. Akan tetapi hanya logam yang dianggap berharga yang bisa dipakai untuk membuat medali bagi atlet-atlet pemenang kompetisi.

Untuk membuat medali dari smartphone bekas bukanlah hal yang mudah. Apalagi, mengingat waktu makin mendekati pembukaan Olimpiade 2020 yang berlangsung 17 bulan lagi.

Akan tetapi, outlet berita Agency France-Presse (AFP) mengatakan bahwa, tahap pengumpulan material untuk medali Olimpiade sudah hampir selesai dilakukan.

Diketahui, sampai November 2018, total ada 47.488 ton perangkat elektronik bekas yang didonasikan kepada otoritas Tokyo.

Belum lagi, ada tambahan 5 juta telepon dan smartphone yang diserahkan oleh konsumen ke sebuah provider telekomunikasi setempat untuk dijadikan medali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES