Politik

Terkait Earpiece, TKN Jokowi: Kubu Prabowo Gunakan Politik Kambing Hitam

Senin, 18 Februari 2019 - 14:45 | 29.07k
Sekretaris TKN duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Sekretaris TKN duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTATKN duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin menyesalkan pernyataan Jubir BPN duet Prabowo-Sandi, Andre Rosiade atas tuduhan penggunaan earpiece saat debat Pilpres Jilid II, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu 17 Februari malam. 

"Lagi-lagi politik Kambing Hitam diterapkan. Jangan hanya karena kalah debat, lalu menggunakan berbagai cara untuk menutupi kekalahan tampilan Prabowo tadi malam. Ketidak mampuan Pak Prabowo jelaskan Unicorn sebaiknya menjadi bahan evaluasi tim 02," ujar Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto, Senin (18/2/2019).

Kata dia, tanggungjawab jubir kampanye seperti Andre Rosiade, melekat dengan tanggung jawab duet Prabowo-Sandi. Karena itu, Jubir harusnya bicara aspek kenegarawanan, dan memiliki kerendahan hati untuk berbicara secara obyektif. 

"Debat itu memerlukan persiapan, memerlukan strategi, dan pada akhirnya rekam jejak, pengalaman, dan karakter pemimpin yang akan menentukan. Jangan biasakan politik kambing hitam. Politik kambing hitam adalah sikap tidak kesatria yang seharusnya dihindari dalam kontestasi demokrasi," ucapnya.

Hasto yang juga Sekjen PDI Perjuangan menilai, politik kambing hitam yang dipertontonkan kubu duet Prabowo-Sandi lebih karena miskin prestasi dan gagasan yang dapat menghambat kemajuan demokrasi Indonesia

"Apa yang diungkap Pak Prabowo tadi malam merupakan penggulangan dari persoalan yang selalu disampaikan sejak tahun 2008 ketika awal Gerindra berkiprah. Nanti sebentar lagi mereka akan persoalkan beberapa hal seperti kartu suara, netralitas penyelenggara pemilu, netralitas aparat negara. Semua isu lama, tanpa gagasan segar," imbuh dia.

Atas berbagai fitnah dan tuduhan yang selalu mereka berikan, Sekreyaris TKN duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin yang satu ini mengaku khawatir, lama-lama rakyat akan membawa foto "Kambing Hitam" saat bertemu dengan pasangan capres dan cawapres duet Prabowo-Sandi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES