Peristiwa Daerah

Dishub Tuban Bumi Wali Canangkan Tiketing Becak ke Makam Sunan Bonang

Senin, 18 Februari 2019 - 14:10 | 258.58k
Suasana tukang becak di kawasan parkir makam Sunan Bonang Tuban Bumi Wali, Senin, (18/02/2019) (Foto: chmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Suasana tukang becak di kawasan parkir makam Sunan Bonang Tuban Bumi Wali, Senin, (18/02/2019) (Foto: chmad Choirudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBANDishub Tuban Bumi Wali mewacanakan penggunaan tiket bagi para wisatawan yang naik becak ke Makam Sunan Bonang. Kebijakan tersebut bertujuan untuk mencegah agar tukang becak tidak menarik penumpang diatas tarif normal.

Kepala Dinas Perhubungan Tuban, Muji Slamet menyampaikan, konsep penggunaan tiket becak sunan bonang saat ini masih dalam tahapan perencanaan dan pembahasan.

Muji menjelaskan, kedepan wisatawan yang tiba bisa langsung menuju loket karcis becak yang disediakan petugas untuk naik becak menuju makam Sunan Bonang. "Nantinya satu karcis untuk satu becak yang bisa dinaiki satu atau dua penumpang," tutur Muji. Senin, (18/02/2019)

Pihak Dishub merencanakan tarif karcis becak dari parkir Kebonsari menuju makam Sunan Bonang sebesar Rp 12 ribu. "Rinciannya, 10 ribu rupiah untuk tukang becak, Rp 1000 untuk operasional penjaga tiket dan Rp 1000 sebagai tabungan akhir tahun," imbuhnya.

Becak-a.jpg

Sebaliknya, lanjut Muji, tarif penumpang dari makam Sunan Bonang menuju terminal sebesar Rp 17 ribu. "Tarif Rp15.000 itu untuk tukang becak dan sisanya untuk petugas jaga karcis dan tabungan akhir tahun," tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, rencananya nanti akan disediakan dua titik loket untuk membeli karcis yang berada di terminal Wisata Kebonsari, dan sekitar makam sunan Bonang.

"Semua petugas yang mengelola adalah paguyuban tukang becak. Pihak Dishub, Polres, dan Satpol PP hanya memfasilitasi," beber Muji.

Muji Slamet menambahkan, kebijakan tersebut sebagai langkah untuk mengatur tukang becak Makam Sunan Bonang di Tuban Bumi Wali lebih tertib. Serta tidak ada lagi penumpang yang ditarik diatasi tarif normal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES