Kesehatan

Ragam Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Senin, 18 Februari 2019 - 08:32 | 157.54k
Ilustrasi - Manfaat Timun untuk kesehatan (Foto:  hiamag)
Ilustrasi - Manfaat Timun untuk kesehatan (Foto: hiamag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mentimun atau banyak orang menyebutnya dengan timun sering dihidangkan sebagai pelengkap di dalam lalapan, acar atau salad. Meski dianggap sebagai pelengkap, timun menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Apa saja manfaat timun yang perlu Anda ketahui?

1. Menjaga Kesehatan Jantung

The American Heart Association (AHA) menyarankan Anda untuk mengonsumsi lebih banyak serat. Serat dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol yang berhubungan dengan masalah kardiovaskular. Di samping serat, timun juga tinggi kalium dan magnesium. Peningkatan asupan kalium dalam pola makan sehari-hari dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, yang juga berhubungan dengan kesehatan jantung.

2. Menguatkan Tulang

Timun sangat kaya akan vitamin K. Asupan vitamin K yang cukup telah dikaitkan dengan tulang yang sehat dan tidak mudah patah. The Office of Dietary Supplements (ODS) merekomendasikan wanita usia 19 tahun ke atas untuk mengonsumsi 90 mcg vitamin K setiap hari, dan pria 120 mcg.

Edisi-Kamis-16-Januari-2020-timun.jpg

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa timun dapat membantu mencegah dan mengendalikan diabetes. Hal ini karena beberapa jenis timun mengandung Cucurbia ficifiola yang dapat mengurangi lonjakan gula darah. Selain itu, timun memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, timun dapat memberikan nutrisi penting bagi tubuh tanpa menambah karbohidrat yang meningkatkan gula darah.

4. Mengatasi Bengkak di Sekitar Mata

Manfaat mentimun yang paling umum diketahui masyarakat adalah kemampuannya mengatasi mata bengkak. Mata bengkak karena tidur terlalu larut atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Caranya, iris tipis mentimun dan taruhlah di kedua mata, lakukan sambil berbaring selama 15 menit.

5. Menurunkan Berat Badan

Timun juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Buah ini mengandung kalori yang rendah. Untuk satu timun (atau mentimun) seberat 104 gram, biasanya mengandung 16 kalori. Sedangkan, timun seberat 300 gram hanya mengandung 45 kalori. Jadi Anda tak perlu takut gemuk dengan makan timun.

6. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Memiliki kandungan lignan dan cucurbitacun, manfaat mentimun yang berguna bagi kesehatan adalah kemampuannya melindungi tubuh dari kanker. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, salah satu kandugan mentimun yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.

Itulah manfaat timun yang bisa Anda dapatkan. Imbangi asupan timun dengan makanan lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Selain itu, lakukan juga pola hidup sehat lainnya seperti olahraga teratur minimal tiga kali dalam seminggu, menghindari kebiasaan buruk seperti terlalu banyak duduk dan merokok, serta membatasi minum minuman beralkohol. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES