Indonesia Positif

Gelar Olimpiade Akuntansi, UMG Ciptakan Millineal Faham GCG

Minggu, 17 Februari 2019 - 04:45 | 155.07k
Para siswa-siswi SMA/SMK se- Jawa Timur yang menjadi juara Olimpiade Akuntansi yang digelar HMA Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMG, Minggu, (17/2/2019). (FOTO: Humas UMG - Abdurrahman Faris/AJP TIMES Indonesia)
Para siswa-siswi SMA/SMK se- Jawa Timur yang menjadi juara Olimpiade Akuntansi yang digelar HMA Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMG, Minggu, (17/2/2019). (FOTO: Humas UMG - Abdurrahman Faris/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menanamkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dengan mengadakan Olimpiade Akuntansi SMA/SMK se- Jawa Timur.

“Saat ini prinsip Good Corporate Governance meliputi partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas, bukan hanya diterapkan pada wilayah pemerintahan semata,” kata Syaiful Kepala Program Studi (Ka Prodi) Akuntansi Penyelenggara Olimpiade Akuntansi SMA/SMK se- Jawa Timur di Kampus UMG, Minggu (17/2/2019).

siswa-siswi-SMA-SMK-UMG2.jpg

Menurutnya, prinsip tersebut juga harus ditanamkan melalui komunitas pendidikan sekolah  “Salah satu caranya adalah dengan mendorong mereka mengikuti kompetisi yang dilakukan oleh pihak internal dan eksternal sekolah,” ujarnya.

Syaiful menjelaskan, kompetisi ini memiliki tujuan yang positif bagi para siswa-siswi yang mengikutinya. Di antaranya, menumbuhkan iklim kompetisi yang sehat dalam diri siswa.

“Siswa-siswi dan mendapat pengetahuan serta mengasah kemampuan mereka lebih dalam mengenai akuntansi,” ucapnya.

Lebih lanjut Syaiful menambahkan, olimpiade ini diselenggarakan Minggu, (17/2/2019) di Kampus UMG ini, terdiri dari babak penyisihan dengan mengerjakan 75 soal pilihan ganda dan akan diambil masing-masing 10 peserta SMA dan SMK.

“Untuk semi final dengan 50 soal dan akan diambil 5 peserta dari SMA dan SMK, serta pada grand final dengan 5 soal berbentuk essai dan akan diambil masing-masing dari SMA dan SMK pemenang 1,2 dan 3,” katanya menguraikan.

Lebih jauh Syaiful menyampaikan dalam olimpiade ini peserta yang berasal dari 77 Sekolah SMA/SMK se-Jawa Timur ini, memperebutkan beberapa penghargaan yang sangat menggiurkan.

“Penghargaan yang akan di raih oleh peserta yang menang yaitu berupa pemenang pertama mendapatkan piala Dekan FEB UMG uang tunai sebesar Rp 2.000.000, sertifikat dan dapat masuk sebagai mahasiswa baru di UMG tanpa tes, pemenang ke dua berupa piala, uang sebesar Rp 1.500.000, sertifikat dan pemenang ke tiga berupa piala, uang sebesar Rp 1.000.000 juga sertifikat,” tuturnya.

Syaiful pun berharap dengan diadakan olimpiade ini para siswa-siswi SMA/SMK dapat termotivasi untuk terus mengasah kemampuannya dalam bidang akuntansi.

“Semoga olimpiade ini dapat memberikan motivasi bagi para siswa-siswi dan penghargaan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin demi masa depanya,” ucapnya berharap.

Untuk di ketahui, Olimpiade Akuntansi SMA/SMK se- Jawa Timur di UMG ini melibatkan dewan juri dari Dosen Program Studi Akuntansi UMG, di antaranya Syaiful (pakar Akuntansi Syariah), Dr. Tumirin (pakar Akuntansi Publik), dan Abdullah Mujadid (pakar Perpajakan). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES