Politik Debat Pilpres 2019

Begini Debat Prabowo vs Jokowi Soal Infrastruktur di Debat Pilpres 2019 Jilid II

Minggu, 17 Februari 2019 - 22:07 | 50.67k
Debat Pilpres 2019 Jilid 2. (Grafis: TIMES Indonesia)
Debat Pilpres 2019 Jilid 2. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto menanggapi pertanyaan terkait masalah infrastruktur dalam debat pilpres 2019 jilid II. Menurutnya, pembangunan infrastruktur sejatinya harus dilakukan untuk rakyat.

"Dalam perencanaan (infrastruktur) harus libatkan masyarakat yang kena dampak pembangunan," ujar Prabowo dalam debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Selain itu, pembangunan infrastruktur kata Prabowo, harus memperhatikan dampak terhadap ekonomi maupun lingkungan hidup. Masyarakat yang terkena dampak, harus diberi uang ganti rugi dan dibantu kepindahannya oleh pemerintah.

"Kita harus cadangkan biaya ganti rugi pada masyarakat yang tanahnya diambil. Kita siapkan pindahkan mereka," tukas Prabowo.

Tak hanya itu, Prabowo tak menampik jika infrastruktur penting. Namun lanjutnya, tujuan utama dari pembangunan itu adalah menambah nilai ekonomi, bukan sebaliknya.

Menanggapi pernyataan Prabowo, Jokowi justru mengatakan bahwa laporan dari Bank Dunia hampir tak ada dampak ekonomi secara rill yang disebabkan oleh pembangunan infrastruktur tersebut.

Sebagaimana diketahui, pembahasan infrastruktur ini berlangsung di segmen kedua debat pilpres 2019 jilid II. Dalam segmen ini Jokowi maupun Prabowo diberi waktu masing-masing dua menit untuk menjawab pertanyaan moderator dan satu menit untuk menanggapi jawaban lawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES