Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEKFAKTA] Prabowo Ungkap Swasembada Pangan, Air dan Energi Tolok Ukur Keberhasilan Negara

Minggu, 17 Februari 2019 - 20:57 | 158.10k
Cek Fakta Debat Kedua Pilpres 2019 (Ilustrasi - TIMES Indonesia)
Cek Fakta Debat Kedua Pilpres 2019 (Ilustrasi - TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon Presiden Nomor 02, Prabowo Subianto mengusung visi dan misi, swasembada pangan, swasembada, dan air agar Indonesia bisa bertahan sebagai negara. Menurutnya ini merupakan tolak ukur keberhasilan suatu negara.

"Kami punya visi bahwa justru di bidang bidang inilah untuk menjadi negara berhasil kita harus sungguh-sungguh membangun suatu kemandirian," katanya.

"Kita harus berdiri di atas kaki kita sendiri. Kita harus swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air, agar kita bisa survive sebagai suatu bangsa. PBB sekarang mengatakan bahwa inilah tiga masalah yang utama tolak ukur keberhasilan suatu negara," sambung Prabowo.

CEK FAKTA:

Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goal (SDC) PBB, terdapat 17 komponen tolak ukur yang mampu membuat negara bisa bertahan menghadapi tantangan global. Tolak ukur ini digunakan untuk adalah cetak biru untuk mencapai masa depan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan untuk semua.

Kesepuluh komponen tersebut yakni tidak ada kemiskinan, tidak ada kelaparan; kesehatan dan kesejahteraan yang baik; pendidikan berkualitas; kesetaraan gender; air bersih dan sanitasi; energi; tidak ada ketimpangan, kota dan komunitas berkelanjutaan; produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab; pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi; industri, inovasi, dan infrastuktur;  menjaga iklim; kelestarian kehidupan laut; kedamaian, keadilan, dan kekuatan institusi; dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

KESIMPULAN:

Sebuah negara harus mampu mengatasi tantangan global yang dihadapi, termasuk yang terkait dengan kemiskinan, ketimpangan, iklim, degradasi lingkungan, kemakmuran, dan perdamaian dan keadilan. Sasaran saling berhubungan dan untuk tidak meninggalkan siapa pun, penting bagi kita untuk mencapai setiap Sasaran dan sasaran pada tahun 2030.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES