Olahraga

Zainal Fanani Juarai Balap Sepeda Chocolate Happy Cycling di Banyuwangi

Minggu, 17 Februari 2019 - 21:16 | 105.94k
Para pemenang saat berfoto bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. (FOTO: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)
Para pemenang saat berfoto bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. (FOTO: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pembalap Mountain Bike (MTB) nasional, Zainal Fanani, berhasil menjuarai ajang balap sepeda Chocolate Happy Cycling, yang digelar di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Minggu (17/2/2019).

Jawara Men Elite Asia Mountain Bike Series 2018 di Malaysia tersebut, berhasil menyingkirkan ratusan peserta open race sepeda gunung yang melewati kawasan perkebunan Kandang Lembu, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore milik PTPN XII.

Pembalap berusia 29 tahun tersebut, berhasil menaklukan rute sejauh 20,4 km dalam waktu 47 menit. Kelokan, turunan dan tanjakan yang menjadi ciri dari rute off road mampu ia lalui dengan cukup mudah. Ia mendahului Angga Dwi Wahyu Prahesta dan Ihza Muhammad yang harus puas finish di urutan kedua dan ketiga.

“Lintasannya cukup bagus dan menantang, tapi tidak membingungkan karena marshal-nya banyak, jadi memudahkan kita para pembalap,” jelas pebalap asli Lumajang itu.

Tak hanya itu, keseruan rute ini juga diakui oleh Linda, pemenang seri Women Open Chocholate Happy Cycling. Pembalap asal Samarinda itu mengaku rutenya ekstrem. Namun, jalannya cukup lebar, sehingga tidak terlalu merepotkan. “Yang sulit itu waktu turunan yang langsung berbelok. Hampir saja saya terjatuh,” ucapnya.

Pembalap 20 tahun yang juga pemegang dua medali emas cabang MTB pada Porprov Kalimantan Timur tahun lalu ini berhasil menjadi yang terdepan setelah mampu mendahului Bela Anjar Wulan yang finish diurutan kedua.

Untuk diketahui, ajang balap sepeda Chocholate Happy Cycling sendiri dari banyak kelas. Selain kelas open race, event yang masuk dalam kalender Banyuwangi Festival ini juga terdapat bebebapa kelas yaitu Master A untuk pebalap berusia 30-39 tahun, Master B untuk usia 40-49 tahun, dan Master C untuk usia 50-59 tahun. 

Tak hanya itu, ajang balap sepeda ini juga menyuguhkan kelas kategori happy gowes untuk para pecinta sepeda. “Total keseluruhan ada 1384 peserta. Mereka tidak hanya dari Banyuwangi. Tapi, juga datang dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali hingga Kalimantan,” jelas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi.

Event balap sepeda Chocolate Happy Cycling ini merupakan rangkaian chocolate festival di Banyuwangi. Selama dua hari (16-17 Februari) digelar, event yang diadakan di kawasan Doesoen Kakao ini terlebih dahulu diawali dengan Chocolate Glenmore Run, Chocolate Jazz and Food Festival. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES