Gaya Hidup

Tips Merawat Kesehatan Kuku Tanpa Ribet

Minggu, 17 Februari 2019 - 03:23 | 41.56k
Ilustrasi - Menjaga kesehatan kuku (Foto: Facetofeet)
Ilustrasi - Menjaga kesehatan kuku (Foto: Facetofeet)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan kuku juga tak kalah penting dengan menjaga organ tubuh lainnya. Kunci kuku sehat adalah kuku yang selalu terjaga kelembabannya.

Dengan menjaga kelembaban, kuku-kuku akan dapat tumbuh dengan baik. Melembabkan kuku dua kali sehari (setelah mandi dan sebelum tidur) bisa membantu mengurangi kerusakan kuku.

Merawat kuku tidak boleh sembarangan. Seperti dikutip dari Antara, jika Anda termasuk yang sering menggunakan pembersih kuku berbahan kimia segera tinggalkan kebiasaan ini. Hal ini karena dermatolog tidak menyarankan anda menggunakan pembersih kuku yang mengandung aseton karena berisiko membuat kuku rapuh.

Untuk menjaga kesehatan kuku kaki, pastikan selalu mengenakan sepatu yang tepat, yakni tidak mengganggu kuku jari. Anda bisa menggunakan kaus kaki untuk menjaga kaki dan kuku tetap bersih.

Hal yang tidak kalah penting menjaga kesehatan kuku adalah Anda sebaiknya tidak menggigit kutikula atau kulit berwarna putih yang mengeras dipinggiran kuku, karena kutikula berfungsi melindungi kuku dari infeksi. Menggigiti kutikula hanya akan membuat Anda rentan terkena infeksi dan impian memiliki kuku sehat pun juga hilang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES