Peristiwa Daerah

Danrem 162/WB Kerahkan 1000 Prajurit untuk Percepat Pembangunan Rumah Terdampak Gempa Lombok

Sabtu, 16 Februari 2019 - 18:24 | 82.91k
Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani. (FOTO: Penrem WB for TIMES Indonesia)
Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani. (FOTO: Penrem WB for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAMDanrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, mengatakan seribu pasukan TNI akan dikerahkan guna mempercepat proses rehabilitasi dan rekontruksi rumah warga terdampak gempa Lombok. Pasukan tambahan ini berasal dari pasukan Zeni TNI.

Demikian disampaikan Danrem 162/WB, kepada sejumlah wartawan, di Posko Terpadu Rehab Rekons Pasca Gempa NTB Kantor Sekertariat BNPB NTB, Kota Mataram, Sabtu (16/2/2019).

Danrem 162/WB menjelaskan, pihaknya dengan jajaran Pemerintah Daerah NTB melaksanakan rapat koordinasi terkait kesiapan penyambutan kedatangan seribu personel dari pasukan Zeni TNI mulai tanggal 18 hingga 22 Februari mendatang.

Menurutnya, penyiapan tersebut harus dilakukan semaksimal mungkin agar para personel yang datang dapat bekerja dengan maksimal.

"Jumlah personelnya juga sudah dibagi mulai dari sektor hingga ke tingkat desa dengan harapan dapat mempercepat rehab rekon," ucap pria yang akrab disapa Rizal ini.

Rizal memaparkan, jumlah personel seluruhnya sebanyak 10 SSK dengan rincian 8 SSK dari TNI AD dan sisanya 2 SSK dari Marinir TNI AL dengan pembagian untuk Kodim1606/Lobar akan ditempatkan 5 SSK karena rumah rusak berat lebih banyak dari Kabupaten Kota yang lainnya, Kabupaten Lombok Tengah 1 SSK, Kabupaten LombokTimur sebanyak 2 SSK, Sumbawa 1 SSK dan Kabupaten Sumbawa Barat 1 SSK.

"Diupayakan daerah atau rumah-rumah masyarakat yang sudah siap dengan materialnya, minimal pondasinya sudah ada, sehingga para Prajurit yang datang tinggal bekerja dan tidak lagi menunggu material," ujarnya.

"Hingga saat ini untuk progres rehab rekon rumah terdampak gempa Lombok yang rusak berat sudah hampir 3 ribuan karena berbagai kendala dilapangan baik material maupun proeses pencairan dananya," kata Danrem 162/WB(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES