Indonesia Positif

GM FKPPI Jember dan Kodim 0824 Jember Gelar Peringatan 70 Tahun Palagan Jumerto

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:34 | 174.48k
Peringatan 70 Tahun Palagan Jumerto. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Peringatan 70 Tahun Palagan Jumerto. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – GM FKPPI (Generasi Muda Forum Putra Putri Purnawirawan) Jember dan Kodim 0824 Jember melakukan ziaran ziarah dan peletakan bunga di Monumen Palagan Jumerto, Jember, Sabtu (16/2/2019).

Kegiatan untuk mengenang jasa para pahlawan yang bertempur mempertahankan kemerdekaan NKRI di Jember tersebut juga diikuti oleh ratusan pelajar tingkat SD hingga SMA.

Kodim-Palagan-Jumerto2.jpg

Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Staf Kodim 0824 Mayor Inf Sampak mewakili Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, perwakilan dari Brigif Raider 9/K Kapten Inf Hartono, 5 orang personel Koramil 0824/01 Patrang, para Ketua dan pengurus organisasi Keluarga Besar TNI (KBT), dan Ketua GM FKPPI Jember Bambang Sugihono beserta 150 orang anggotanya.

Kegiatan diawali dengan ziarah di Palagan Jumerto dipimpin oleh Mayor Inf Sampak ditandai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dan peletakan karangan bunga.

Kodim-Palagan-Jumerto3.jpg

Selanjutnya pentas drama kolosal Palagan Jumerto, yang dimainkan Teater Gunung Sepikul dari siswa-siswi SMAN Pakusari dan SMPN 1 Silo yang mengisahkan terjadinya pertempuran di Palagan Jumerto tersebut. 

Juga dilakukan aksi sosial donor darah oleh PMI Unit Tranfusi Jember, yang kesemuanya diinisiasi oleh GM FKPPI Jember.

Dalam wawancaranya Ketua GM FKPPI Jember mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud penghormatan kepada jasa-jasa para pahlawan, yang berjuang dan gugur mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Palagan Jumerto ini.

Demikian halnya Kepala Staf Kodim 0824 Mayor Inf Sampak menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan ini. "Bahkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan baik yang berjuang merebut kemerdekaan maupun yang mempertahankan kemerdekaan harus mampu kita implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tutur dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES