Peristiwa Daerah

Asah Skill Menulis, SMAN 1 Kawedanan Magetan Menggelar Diklat jurnalistik Pelajar

Sabtu, 16 Februari 2019 - 17:34 | 179.29k
Peserta diklat jurnalistik SMAN 1 Kawedanan Magetan mendapat materi tentang teknik menulis berita dan features. (Foto: SMAN 1 Kawedanan for Times Indonesia)
Peserta diklat jurnalistik SMAN 1 Kawedanan Magetan mendapat materi tentang teknik menulis berita dan features. (Foto: SMAN 1 Kawedanan for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Kemampuan membuat karya tulis menjadi bekal berharga untuk terjun ke dunia kerja di bidang apapun. Karena itu, skill menulis perlu diasah sejak dini. Alasan itu mendasari SMAN 1 Kawedanan, Kabupaten Magetan menggelar diklat jurnalistik untuk para pelajar. 

"Banyak alumni yang dulu aktif di ekstrakurikuler (ekskul) jurnalistik punya prestasi ketika di perguruan tinggi. Bahkan saat nanti bekerja kemampuan menulis juga dibutuhkan," ujar Supardi Kepala SMAN 1 Kawedanan saat membuka kegiatan Diklat, Sabtu (16/2/2019). 

Supardi juga mengungkapkan banyak prestasi yang sudah diraih siswa yang tergabung di ekskul jurnalistik. Karya anak ekskul jurnalistik berupa majalah sekolah kualitasnya juga diakui. Bahkan bisa melebihi majalah sekolah dari SMA lain yang lebih dahulu terbit dan eksis. 

"Karena sudah memilih ekskul jurnalistiknya harus aktif menulis. Sehingga majalah sekolah kita tidak ketinggalan dan justru dapat pujian dari sekolah lain," ujarnya. 

Untuk memberikan bekal bagi siswa yang baru bergabung dengan ekskul jurnalistik, SMAN 1 Kawedanan mendatangkan narasumber dari media online nasional Times Indonesia.

Selain materi dasar menulis berita dan features, peserta diklat juga diajak menyebarkan berita positif lewat media sosial baik majalah maupun web sekolah. 

"Berita positif setidaknya mengandung tiga unsur yakni inspiring, building dan positive thinking. Dan gunakan media sosial  untuk menyebar berita positif tentang sekolahmu," ungkap Yupi Apridayani pemateri dari Times Indonesia.

Diklat jurnalistik merupakan kegiatan yang rutin digelar setiap tahun oleh SMAN 1 Kawedanan, Magetan untuk meningkatkan skill menulis. Pesertanya adalah anggota baru ekskul jurnalistik dan perwakilan dari English Club. Selain materi penulisan berita dan features juga diberikan materi fotografi jurnalistik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES