Gaya Hidup

Amankah Balita Makan Telur Setengah Matang?

Sabtu, 16 Februari 2019 - 04:27 | 75.40k
Ilustrasi - balita makan telur setengah matang (Foto: Orami)
Ilustrasi - balita makan telur setengah matang (Foto: Orami)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketika tak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan untuk anak, Anda mungkin langsung buru-buru memasak telur. Telur memang menjadi salah satu bahan makanan sehat yang praktis diolah ke berbagai masakan tanpa butuh waktu yang lama. Entah itu telur dadar, telur ceplok, atau telur orak-arik. Tak selalu matang sempurna, ada juga yang menyukai telur setengah matang.

Telur mengandung protein, vitamin, mineral, dan bahkan asam lemak omega-3 yang tidak ditemukan pada makanan lainnya. Meski nutrisinya sangat beragam, Anda juga harus memperhatikan cara pengolahannya. Tanpa disadari, cara Anda menyajikan makanan untuk anak juga bisa memengaruhi nutrisi yang diserap oleh tubuhnya.

Meskipun telur setengah matang terasa lezat, tapi beberapa orang lainnya menganggap makanan ini tidak sehat dan rentan menyebarkan penyakit. Anda pun jadi bertanya-tanya, apakah ini artinya anak tidak boleh makan telur setengah matang?

Sayangnya, anak balita tidak dianjurkan untuk makan telur setengah matang. Menurut Dr. Madelyn Fernstrom, PhD yang merupakan pakar di bidang gizi dan kesehatan, anak usia di bawah 5 tahun hanya boleh makan telur matang. Ini karena telur yang tidak dimasak dengan benar rentan mengandung bakteri Salmonella yang dapat membahayakan tubuh.

Saat bakteri Salmonella berhasil masuk ke dalam tubuh, hal ini akan menimbulkan gejala yang mirip seperti gejala keracunan makanan. Gejala infeksi Salmonella meliputi perut kram, mual, muntah, diare, sakit kepala, hingga demam. Gejala tersebut memang dapat hilang dengan sendirinya, namun terkadang dibutuhkan antibiotik untuk mengurangi risiko komplikasi.

Untuk menghindari risiko di atas, hindari konsumsi telur setengah matang. Olahlah telur menjadi makanan sehat dengan cara yang tepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES