Peristiwa Daerah

Top! Gubernur NTB Gerak Cepat Atasi Persoalan Pengusaha Ternak Sumbawa

Jumat, 15 Februari 2019 - 21:56 | 37.03k
Suasana pertemuan antara Gubernur NTB Zulkieflimansyah dengan pengusaha ternak Sumbawa, di ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Jumat (15/2/2019).(FOTO: Humas Pemprov NTB for TIMES Indonesia).
Suasana pertemuan antara Gubernur NTB Zulkieflimansyah dengan pengusaha ternak Sumbawa, di ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Jumat (15/2/2019).(FOTO: Humas Pemprov NTB for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, SUMBAWA – Mendengar sejumlah persoalan yang dihadapi para pengusaha ternak Sumbawa yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Hewan Nasional Indonesia (PEPEHANI) Kabupaten Sumbawa, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah bergerak cepat.

Gubernur terbang dari Kota Mataram untuk jemput bola menyelesaikan persoalan yang dihadapi para pengusaha ternak tersebut dan langsung menggelar pertemuan mendadak, di ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Sumbawa, Jumat (15/2/2019). 

Persoalan para pengusaha yang diterima Gubernur terkait sekitar 500 ekor ternak sudah hampir seminggu ‘tersandera’ di Stasiun Karantina Badas karena belum dapat dikirim ke luar daerah, disebabkan belum terbitnya izin. 

Dalam pertemuan itu Gubernur memberikan solusi bahwa ratusan sapi di Karantina Badas harus segera dikirim dan memerintahkan Kadis Peternakan untuk menerbitkan izin. 

Gubernur juga meminta agar kuota pengiriman yang sudah ditetapkan harus dihabiskan sehingga tahun depan tidak ada lagi pengiriman ternak hidup melainkan dalam bentuk daging. 

Selain itu, Gubernur menekankan para pengusaha yang tergabung dalam PEPEHANI menyiapkan prosesing ke arah pengiriman daging. "Bagi pengusaha yang tidak beritikad berproses ke arah tersebut, akan diberikan sanksi dengan menyetop perizinannya," ujarnya. 

"Kedepannya, saya harap agar setiap pengiriman untuk dapat menyisihkan infaq 2,5 persen bagi kepentingan masjid dan pondok pesantren," kata Zulkieflimansyah menambahkan. 

Sementara, Sekretaris PEPEHANI Sumbawa, Rusdi Darmawansyah menyampaikan terima kasih kepada Gubernur yang telah menggelar pertemuan ini. 

Menurutnya, Gubernur langsung merespon saat para pengusaha ternak menyuarakan keluhannya melalui media sosial. "Ketika itu Gubernur meminta para pengusaha hadir pada Jumpa Bang Zul–Rohmi yang digelar setiap Jumat pagi yang kebetulan tadi digelar. Namun mereka (pengusaha ternak) tidak bisa hadir," paparnya. 

"Persoalan ini bukan masalah kecil dan tidak bisa didiskusikan di forum umum seperti itu (Jumpa Bang Zul-Rohmi), melainkan harus dibahas secara khusus. Alhamdulilah, masalah yang dihadapi para pengusaha ternak Sumbawa ini kini sudah selesai persoalannya," kata Rusdi, saat pertemuan dengan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES