Peristiwa Nasional

Apel Bersama, ASN Kemendagri RI dan BNPP Ikrar Tolak Kampanye Hoaks

Jumat, 15 Februari 2019 - 18:50 | 48.28k
Mendagri RI Tjahjo Kumolo usai pimpin apel bersama ASN Kemendagri dan BNPP di Lapangan Monas, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Mendagri RI Tjahjo Kumolo usai pimpin apel bersama ASN Kemendagri dan BNPP di Lapangan Monas, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aparur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemendagri RI dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) serta taruna Kampus IPDN mengkuti apel bersama, sekaligus ikrar menolak kampanye ujaran kebencian dan hoaks di Pemilu 2019.

Dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri RI), Tjahjo Kumolo, apel bersama dan ikrar ASN ini berlangsung di Lapangan Monas, Jakarta, sekitar pukul 15:00 WIB, Jumat (15/2/2019).

Menurut Tjahjo, apel ini dilakukan guna mengkonsolidasikan seluruh jajaran Kemendagri RI dan BNPP yang resah lantaran banyaknya sebaran hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian yang mewarnai tahapan Pemilu Serentak 2019.

"(Kami) ini merasa resah dan gelisah karena seharusnya kampanye yang beretika, bermartabat, adu konsep dan adu gagasan, ternyata ditengarai banyaknya yang berbau fitnah, berujar kebencian, hoaks ini harus dihentikan karena tujuan Pileg dan Pilpres ini membangun rasa kesatuan dan persatuan," ujar Tjahjo. 

Bekas Sekjen PDI Perjuangan itu menegaskan, penyelenggaraan pemilu seharusnya ajang untuk beradu program dan gagasan untuk bangsa dan negara dalam jangka pendek dalam lima tahun ke depan. 

"Maka atas masukan itulah kami sepakat hari ini gotong-royong, nyetak kaos masing untuk adanya ikrar bersama agar bisa didengar oleh seluruh masyarakat Indonesia, mari kita sukseskan Pileg dan Pilpres ini yang bermartabat yang demokratis tanpa ujaran kebencian," papar dia.

Masih dalam kesempatan sama, Tjahjo juga mengingatkan netralitas seluruh ASN di lingkungan Kemendagri RI maupun BNPP pada Pemilu yang diselenggarakan serentak dengan Pilpres dan Pileg 17 April 2019 mendatang. 

"Sudah tadi kami sampaikan semua ASN harus netral sama dengan TNI dan Polri, setiap kepala daerah boleh mengajukan kampanye asal ikutin arahan-arahan yang dikeluarkan KPU dan Bawaslu sebagimana UU yang ada," tandas Mendagri RI Tjahjo Kumolo saat apel bersama, ASN Kemendagri RI dan BNPP. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES